riau24 Ibu Rajin Pompa Payudara, Bayi Prematur Juga Bisa Dapat ASI Eksklusif | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Ibu Rajin Pompa Payudara, Bayi Prematur Juga Bisa Dapat ASI Eksklusif

1
Berita Riau -  Ibu Rajin Pompa Payudara, Bayi Prematur Juga Bisa Dapat ASI Eksklusif
Jakarta, Riau24.com- Dokter anak sering menyarankan bahwa air susu ibu (ASI) sebisa mungkin diberikan eksklusif pada enam bulan kehidupan pertama bayi karena mengandung banyak manfaat. ASI eksklusif selain mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi bisa juga menurunkan risiko alergi, infeksi, obesitas anak, dan sindrom kematian mendadak.

Hanya saja terkadang bayi lahir prematur dan tubuhnya belum cukup kuat untuk menyusui sehingga segera dibawa ke ruang NICU. Ibu pun bisa kehilangan momen untuk segera memberikan ASI.

Nah untuk segera bisa menyusui memang diakui oleh Mary Fewtrell dari  UCL Institute of Child Health di London cukup sulit. Tak sedikit ibu yang dirinya sendiri masih berjuang untuk pulih setelah menjalani operasi caesar atau mungkin sudah dibolehkan pulang tapi si anak masih dirawat di rumah sakit.

Nah untuk mengatasi hal ini Mary menyarankan agar ibu tetap rutin memompa ASI meski tak bertemu anak. Karena bila tidak distimulasi, ASI perlahan produksinya akan semakin sedikit dan ujung-ujungnya membuat ibu gagal memberikan ASI eksklusif.

"Para ibu harus tabah terus memerah susu untuk waktu yang lama sebelum bayi bisa menyusu sepenuhnya. Ini membutuhkan usaha yang tak sedikit," kata Mary seperti dikutip dari Reuters.

Pada studi yang dilakukan Mary dan dipublikasi di Archives of Disease in Childhood, ada tips yang bisa dilakukan oleh para ibu dengan bayi prematur. Agar produksi ASI bisa lebih melimpah sebaiknya gunakan pompa ganda sehingga payudara kiri dan kanan mendapatkan stimulasi bersamaan.

Data dari 62 ibu menyusui menunjukkan setidaknya penggunaan pompa ganda dapat meningkatkan produksi ASI di tiap payudara lebih banyak sekitar 104 gram dibandingkan ibu yang menggunakan pompa asi sebelah-sebelah.

"Tapi tetap tidak ada pompa yang bisa seefisien mulut bayi dengan daya hisap dan gerakan mekanis mulutnya," ujar spesialis laktasi JoAnne Flagg dari Johns Hopkins University School of Nursing.

R24/uci/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 18 November 2017 09:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru