riau24 Menkes Ingatkan Perokok Anak Bisa Ancam Bonus Demografi Indonesia | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Menkes Ingatkan Perokok Anak Bisa Ancam Bonus Demografi Indonesia

1
Berita Riau -  Menkes Ingatkan Perokok Anak Bisa Ancam Bonus Demografi Indonesia
Jakarta, Riau24.com- Perokok aktif maupun pasif sama-sama memiliki risiko kesehatan. Sayangnya masih banyak yang mengabaikannya. Bahkan ada usia anak-anak yang sudah mulai ngebul.

Dalam The 8th Women's Health Expo and Bazaar 2016 di Gran Sahid Jaya Hotel, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (23/4/2016), Menkes Nila F Moeloek mengingatkan bonus demografi yang terancam oleh peningkatan jumlah perokok anak.

Menkes mengutip data dari The Tobacco Atlas, Fifth Edition tahun 2015, di mana menunjukkan prevalensi perokok laki-laki usia lebih dari atau sama dengan 15 tahun di Indonesia mencapai 67 persen. Angka ini lebih tinggi ketimbang negara lain di Asia Tenggara seperti Filipina, Vietnam dan Malaysia.

"Harus hati-hati, Indonesia anak usia 2,5-3 tahun jadi ikon anak merokok di dunia," kata Menkes.

Bonus demografi seharusnya bisa dinikmati di 2030-an. Namun jika perokok anak angkanya terus meningkat, maka bisa menjadi ancaman. Bonus demografi merupakan fenomena di mana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan karena jumlah penduduk usia produktif sangat besar, sedangkan proporsi usia muda semakin kecil dan proporsi usia lanjut belum banyak.

Badan Keluarga Berencanan Nasional (BKKBN) pernah menyampaikan pada tahun 2020-2030, Indonesia akan memiliki sekitar 180 juta orang berusia produktif. Saat itu usia tidak produktif diperkirakan 60 juta jiwa.

Perokok, apalagi jika itu dilakukan anak-anak, ditegaskan Menkes bisa menjadi ancaman bagi human capital, pertumbuhan ekonomi, dan ketahanan bangsa.

R24/uci/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 18 November 2017 09:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru