riau24 Melayani Semua Kalangan, Jangan Rendahkan Puskesmas! | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Melayani Semua Kalangan, Jangan Rendahkan Puskesmas!

1
Berita Riau -  Melayani Semua Kalangan, Jangan Rendahkan Puskesmas!
Jakarta, Riau24.com- Saat memiliki keluhan kesehatan, beberapa orang enggan memeriksakan diri ke puskesmas. Masih ada yang menganggap puskesmas hanya untuk kalangan 'bawah'.

"Jangan rendahkan puskesmas," pesan Menkes Nila F Moeloek, dalam The 8th Women's Health Expo and Bazaar 2016 di Gran Sahid Jaya Hotel, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Menkes masih sering mendengar bahwa puskesmas adalah untuk kalangan dengan ekonomi bawah saja. Padahal semua orang, tanpa peduli status ekonominya, bisa berobat ke puskesmas. Menkes menyarankan jika ada keluhan kesehatan, sebaiknya datang dulu ke puskesmas.

Menkes menyadari saat ini masih ada pekerjaan rumah untuk memperkuat puskesmas di Indonesia. Misalnya saja masih rendahnya kerjasama tim, lintas program dan stakeholder.

Selain itu sumber daya manusia juga masih terbatas. Belum lagi masih ada puskesmas yang pasokan listrik dan bahan bakar mintak masih terbatas sehingga menghambat life cycle puskesmas, termasuk penyimpanan vaksin dan pengadaan air bersih.

Tantangan lainnya adalah alokasi dana promotif/preventif yang minim, juga akses transportasi yang mengganggu rujukan, serta rekam medik yang belum baik. Untuk menjawab tantangan dan pekerjaan rumah tersebut, perlu intervensi berupa revitalisasi puskesmas.

Data 2014 jumlah puskesmas yang ada adalah 9.731 dengan tenaga kesehatan 287.427 orang. Nah, dijelaskan Menkes, dengan angka itu, masih ada kekurangan tenaga 44.405 orang. Tenaga kesehatan yang dibutuhkan untuk menutup kekurangan adalah dari berbagai lini, seperti dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, hingga tenaga gizi.

Untuk meningkatkan akses dan layanan kesehatan, khususnya di daerah terpencil, telah diterjunkan Tim Nusantara Sehat. "Bahkan ada yang kemudian menikah dengan penduduk setempat dan menetap di sana," kata Menkes.

Menkes juga mengimbau agar jangan datang ke puskesmas pada saat sakit saja. Yang tak kalah penting, pengecekan kesehatan juga perlu dilakukan. Sebab pengecekan kesehatan bisa menjadi salah satu upaya preventif. "Sehingga RSCM tidak jadi puskesmas raksasa lagi," imbuh Menkes.

Menkes pun berharap ke depannya data puskesmas lebih kuat lagi. Dengan memanfaatkan internet, selanjutnya data di puskesmas daerah terhubung dengan pemerintah pusat sehingga bisa dimonitor dengan baik.

R24/uci/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 18 November 2017 09:29 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru