riau24 Bujang, Orang Utan yang Genit Suka Turis Perempuan | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Bujang, Orang Utan yang Genit Suka Turis Perempuan

1
Berita Riau -  Bujang, Orang Utan yang Genit Suka Turis Perempuan
Kutai Kartanegara, Riau24.com- Bujang adalah salah satu orangutan jantan yang tinggal di Samboja Lestari, Kalimantan Timur. Uniknya, Bujang suka sekali dengan turis perempuan dan benci yang laki-laki. Serius!
 
Rombongan Familiarization Trip Australian Travel Agent yang berjumlah 16 orang, pekan lalu, Kamis (21/4) mampir ke Samboja Lestari di Kutai Kartanegara. Inilah tempatnya konservasi orangutan, dari Borneo Orangutan Survival (BOS).
 
"Terdapat 7 pulau di sini. Namun hanya 2 yang bisa dilihat pengunjung, yakni Pulau Exhibitor dan Pulau Ibu Anak orangutan. Sisanya untuk konservasi," ujar Ardi dari Bagian Komunikasi BOS kepada detikTravel.
 
Pulau yang dimaksud yakni daratan yang pinggirannya dibatasi oleh sungai kecil. Nah, pengunjung bisa melihat orangutan dari pinggiran sungainya yang berjarak 3 meter.
 
Di Pulau Exhibitor itulah, hidup dua orangutan jantan dan betina yang namanya Bujang dan Ana. Orangutan dewasa dengan ukuran yang besar.
 
Si Bujang, dengan pipinya yang besar tak malu untuk berada di pinggir sungai dan menunjukan diri kepada orang-orang. Namun bagi para pria harap berhati-hati, karena Bujang tidak suka!
 
"Bujang sukanya sama wanita. Kalau sama pria, dia bisa melempar batu atau bambu buat ngusir," terang Ardi.
 
Benar saja, ketika saya berada di pinggir sungai untuk memotretnya dari dekat, Bujang mengobok-obok sungai mencari sesuatu. Diambilnya baru dan dilemparnya ke arah saya. Bruk.....
 
"Awas..awas.. Be careful," teriak salah seorang travel agen Australia pada saya.
 
Mengapa Bujang suka dengan wanita? Menurut penjelasan Ardi, Bujang dulunya diambil dari salah satu tempat sirkus di Tanjung Pinang, Riau. Bujang hidup di sirkus tersebut sampai umur 14 tahun.
 
"Kita bawa ke sini tahun 2001, sekarang berarti umurnya 29 tahun. Karena lama di sirkus, secara seksual dia justru menyukai wanita karena sering melihatnya," papar Ardi.
 
Ya, Bujang tak segan berdiri lama-lama jika melihat wanita di depannya. Meski suka wanita, dalam catatan Ardi, Bujang belum pernah mengganggu turis perempuan.
 
Bujang pun kini menghabiskan hidupnya di Samboja Lestari. Bujang tidak akan dilepas, sebab tidak bisa lagi hidup di hutan. Bujang akan kalah bersaing dengan para jantan lainnya dan sangat sulit untuk beradaptasi.
 
Ya, itulah bahayanya jika satwa liar dipindahkan hidupnya dari alam. Dengan alasan apapun, hidup mereka yang sebenarnya ada di alam. Apa yang sudah terjadi pada Bujang harus jadi pelajaran, jangan sampai ada orangutan lain yang bernasib sepertinya.
 
Samboja Lestari sendiri berlokasi di Jl Balikpapan-Handil Km 44, Kutai Kartanegara, Kaltim. Tiket masuk ke sana sebesar Rp 550.000, yang uangnya untuk pendanaan konservasi orangutan BOS, atau sekalian saja menginap di penginapannya Samboja Lodge mulai dari harga Rp 1,3 jutaan dan sudah bisa melihat orangutan dari dekat.
 
 
R24/adi/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 18 November 2017 09:30 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru