riau24 Enam Cara Pintar Melunasi Semua Utang | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Bisnis

Enam Cara Pintar Melunasi Semua Utang

0
Berita Riau -  Enam Cara Pintar Melunasi Semua Utang

Riau24.com – Mungkin beberapa dari Anda saat ini, sedang dibuat bingung mengenai masalah utang yang setiap bulannya selalu menyapa dan memaksa segera dilunasi. 

Salah satu jenis utang yang ditakutkan akan semakin besar tagihannya adalah utang kepada pihak bank, apalagi yang berkaitan dengan masalah bunga yang mengalami kenaikan.

Di tahun 2016 ini, saatnya Anda berusaha untuk membebaskan seluruh utang, baik itu utang kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan lainnya. Tahun ini harus ada strategi untuk melunasi utang tersebut. 

Setelah itu, Anda bisa merancang kembali dari awal, perencanaan keuangan yang baik dan benar dan terhindar dari keborosan serta utang yang selalu ada di tahun sebelumnya.

Untuk membantu Anda, berikut ini adalah enam trik bagaimana untuk melunasi semua utang :

1. Lipat gandakan pembayaran minimum utang yang dimiliki

Berikan kesempatan pada diri Anda untuk mencoba melunasi utang dengan membayar lebih dari total yang harus dibayarkan minimum. Dalam hal ini yang dibayarkan dua kali lipat dari pembayaran minimum tersebut, agar waktu pelunasannya bisa lebih pendek. 

Jika keuangan anda kurang memungkinkan jika harus membayar dua kali lipat tiap bulannya, maka anda bisa memberi jarak, seperti membayar tagihan selama dua bulan sekali.

2. Mulai seperti efek bola salju

Seperti bola salju yang semakin baik saat gulungannya membesar, anda sebaiknya fokus pada tagihan utang yang lebih besar terlebih dulu. Ini akan menolong mengurangi tagihan utang terbesar, dibanding tagihan lainnya semacam kartu kredit atau KTA yang cenderung lebih sedikit dan stabil setiap bulannya. Kunci dari langkah ini adalah konsisten.

3. Batasi penggunaan uang anda

Jika Anda selalu menemukan diri sedang menggunakan kartu kredit ketika berbelanja, atau memiliki kekuatan untuk tidak menggunakan kartu kredit dan uang lainnya, mungkin Anda harus mempersiapkan sedikit uang untuk keperluan itu. 

Katakan ‘tidak” untuk sesuatu hal yang memang tidak dibutuhkan saat ini. Dan ingatlah, bahwa Anda melakukan ini untuk menyisihkan uang, agar cadangan uang untuk melunasi utang setiap bulan, bisa lebih besar.

4. Memperkecil tuntutan gaya hidup

Bila ide memangkas biaya bulanan untuk membayar utang dirasa tidak mungkin berlaku begitu saja, maka Anda bisa mencari alternatif lain, yaitu memperkecil tuntutan gaya hidup.

Jika biasanya, saat tidak ada utang anda sering minum kopi di kafe yang fasilitasnya lengkap dan harganya cukup mahal, mungkin anda bisa hentikan dulu untuk tidak membelinya selama anda berada dalam bayangan utang. Setelah anda terbebas dari utang, baru bisa melanjutkannya kembali.

5. Konsolidasikan dan seimbangkan saldo tabungan Anda

Anda bisa melakukan transfer selama menerima uang berupa gaji dari tempat bekerja atau dari berdagang untuk membayar tagihan utang. Namun, sebelumnya perhitungkan terlebih dulu, pembayaran tagihan itu sudah lengkap dengan bunganya. 

Jika anda mentransfer pembayaran kartu kredit dengan tingkat bunga rendah, dan saat itu saldo tabungan cukup besar, maka bisa lebih menghemat atau melakukan langkah pertama, membayar utang dengan double pembayaran minimum saja.

6. Berikan penghargaan pada diri Anda

Bisa melunasi utang dengan membayar tagihan utang ini, merupakan target di 2016 ini. Anda tidak perlu dulu khawatir akan tahun yang akan datang nanti, yang terpenting tahun ini utang sudah lunas. 

Berikan penghargaan pada diri sendiri, bahwa telah berhasil untuk melakukan hal yang dapat membuat keuangan lebih hemat dan cadangan keuangan untuk membayar utang lebih banyak. Jika masih ada budget berlebih, sisa dari pembayaran utang itu bisa digunakan untuk memanjakan diri, seperti membeli makanan yang anda sukai atau liburan ke tempat wisata.

Lakukan pelunasan utang Anda dengan double payment minimum

Apa poin utama dari ulasan di atas? Jangan ragu membayar utang dengan nilai lebih atau double minimum payment. Sebab, itu akan membantu Anda dalam melunasi utang lebih cepat. Anggarkan budget khusus untuk melakukan pembayaran itu, Paling tidak, ini akan sedikit meringankan beban utang anda, dibanding mencicilnya secara minimum payment dalam jangka waktu lama, dengan tingkat bunga yang bisa naik sewaktu-waktu.

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru