riau24 JK: Kepala Daerah Harus Kreatif dan Inovatif | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Peringati Hari Otonom Daerah,

JK: Kepala Daerah Harus Kreatif dan Inovatif

0
Berita Riau -  JK: Kepala Daerah Harus Kreatif dan Inovatif
Jakarta,Riau24.com - Para kepala daerah diminta kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan melalui aturan yang dibuat. Namun kewenangan otonom yang dimiliki kepala daerah diharuskan bertujuan mensejahterakan masyarakat.
 
Hal ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pidatonya pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke- XX di Alun-alun Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Senin (25/4/2016). Bagi JK inovasi dan kreativitas memimpin daerah sangat penting untuk bisa mengoptimalkan potensi wilayahnya.
 
"Daerah-daerah yang luas di Indonesia tentu mempunyai potensi yang berbeda karena itulah tidak bisa diatur dengan suatu kebijakan, aturan, cara yang sama dalam bangsa yang besar ini. Itulah makna otonomi daerah. Semua ditentukan oleh kepemimpinan, apa pun sistem yang kita buat, apa pun sistem yang kita bangun, semua tergantung kepemimpinan daerah. (Pemimpin daerah) haruslah mempunyai idealisme, Namun demikian dibutuhkan inovasi dan kreativitas," ujar JK.
 
Inovasi dan kreativitas menurut JK dapat membuat daerah berkembang dan serta mampu bersaing dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Tanpa kedua hal itu, pemerintah sambung JK khawatir daerah akan kesulitan berkembang karena tidak memiliki daya saing.
 
Daya saing ini kata Kalla punya tiga kriteria utama yakni menghasilkan barang/jasa yang berkualitas, murah dan cepat.
 
"Masyarakat Ekonomi ASEAN artinya semua orang bebas menjual barang dan jasa ke negara ASEAN tanpa halangan, semua itu hanya dapat dimenangkan negara dan daerah yang efisien dan mempunyai daya saing. Saya mengharapkan kita mencapai tujuan-tujuan ekonomi dengan kerja keras  yang mempunya inisiatif, inovatif yang baik.  Hanya kerja keras dan inovasi dan suatu kepemimpinan yang baik dan ikhlas yang dapat menyatukan dan memperbesar bangsa ini," tutur dia.
 
Otonomi daerah, JK menambahkan juga membutuhkan sebuah pemerataan. Setiap daerah dapat menopang daerah lainnya untuk dapat berkembang.
 
"Pemerintah mengatur pemerataannya. Bisa saja daerah yang kurang potensinya akan diberikan bagian dari daerah lain untuk mencapai keadilan sosial dan pemerataan," ujarnya.
 
Pemerintah pusat juga memberikan hak-hak daerah seperti dana transfer daerah untuk dikelola bagi perkembangan daerah. Namun JK mengingatkan agar pemimpin daerah tidak menyalahgunakan kewenangan yang dimiliki.
 
"Bukan hanya hak tapi kewajiban menjalankan pemerintah yang transparan dan baik dan mempertanggungjawabkan apa yang diberikan. Di sisi lain rakyat memberikan amanah karena itulah maka setiap amanah harus dipertanggungjawabkan," tegasnya.
 
Dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah ke- XX bertema "Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN", pemerintah memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha yaitu penghargaan tertinggi dalam bidang pemerintahan.
 
Penghargaan diberikan kepada pemerintahan daerah yang selama tiga tahun berturut-turut berstatus kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yakni Pemkab Kulon Progo, Pemkab Pasaman, Pemkot Semarang dan Pemkot Probolinggo.
 
Selain itu diberikan juga penghargaan Satyalancana Karyabhakti Praja Nugraha kepada 3 provinsi yakni, Jatim, Jateng dan Jabar untuk kategori pemerintah provinsi. Kemudian 10 kabupaten yang menerima penghargaan berstatus kinerja terbaik yakni Tulungagung, Pinrang, Sidoarjo, Pasaman, Nganjuk, Bantul, Lamongan, Kudus, Kulon Progo dan Bintan.
 
Serta 10 kota yang berstatus kinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yakni Surabaya, Semarang, Probolinggo, Samarinda, Madiun, Balikpapan, Surakarta, Malang, Blitar dan Mojokerto.
 
Penghargaan ini merupakan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).
 
 
R24/adi/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru