riau24 Guru Besar UIN Suska Sebut Sisten Pendidikan Indonesia Jauhkan Generasi Muda Dari Penanaman Nilai Moral | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Guru Besar UIN Suska Sebut Sisten Pendidikan Indonesia Jauhkan Generasi Muda Dari Penanaman Nilai Moral

0
Berita Riau -  Guru Besar UIN Suska Sebut Sisten Pendidikan Indonesia Jauhkan Generasi Muda Dari Penanaman Nilai Moral
Pekanbaru, Riau24.com- Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, Prof Dr Alaidin Koto menyebut sistem pendidikan Indonesia kini menjauhkan generasi muda dari penanaman nilai dan norma sosial.
 
Kekecewaannya terhadap sistem pendidikan nasional yang saat ini berlaku disampaikan dia saat menjadi pembicara dalam Konferensi Nasional Perempuan Melawan Korupsi, Senin (25/4/2016).
 
Alaidin mengatakan kini pendidikan di Indonesia hanya berorientasi pada pengajaran ilmu sains dan teknologi saja. "Saat ini di Indonesia penanaman nilai bukan lagi prioritas pengajaran dalam sekolah. Padahal seharusnya sekolah itu menjadi basis penanaman nilai kebajikan," ungkap Alaidin.
 
Menurutnya, sekolah-sekolah saat ini menjauhkan siswa dari nilai-nilai kebajikan. Sistem pendidikannya membuat ukuran bahwa matematika dan ilmu perhitungan adalah jauh lebih baik dibanding nilai kejujuran.
 
"Dampak sistem yang mengabaikan nilai moral dan norma ini bisa dilihat dari proses dan hasil yang dilewati oleh para pelajar kita yang cenderung mengarah pada tindak koruptif yang terus berkembang," ujarnya.
 
Dicontohkannya, pengabaian nilai moral dan norma tersebut dimulai dari hal kecil seperti proses belajar yang malas-malasan sehingga pelajar hanya menitip absen dan meminta orang lain untuk membuatkan tugas yang harusnya ia kerjakan.
 
"Pada ujian, mereka hanya bisa mencontek dan membawa kertas contekan supaya mereka berhasil pada ujian tersebut. Ini jelas bahwa par pelajar kita hanya berfokus pada hasil bukan pada proses yang jujur," tutur Alaidin. 
 
Sikap dan kebiasaan ini merupakan potensi kuat yang membentuk individu menjadi para koruptor ketika menjadi pejabat atau para pemegang kebijakan.
 
"Kita tidak bisa menyalahkan mereka sepenuhnya, karena sistem pendidikan kita hanya membentuk mereka untuk sukses karena hasil. Jadi bagaimana kita hendak berharap pada generasi muda jika mereka telah dirusak sejak awal?" Tutup Alaidin.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru