riau24 Bangkitnya Kota Mati Chernobyl Dari Bencana Nuklir 30 Tahun Yang Lalu | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Internasional

Bangkitnya Kota Mati Chernobyl Dari Bencana Nuklir 30 Tahun Yang Lalu

0
Kota Mati Chernobyl
Berita Riau -  Bangkitnya Kota Mati Chernobyl Dari Bencana Nuklir 30 Tahun Yang Lalu

Jakarta, Riau24.com - Bencana besar yang menimpa Ukraina tiga puluh tahun lalu akibat reaktor nomor empat dari pembangkit listrik tenaga nuklir di Chernobyl dekat Ibukota Kiev meledak, meninggalkan luka mendalam bagi Ukraina. Ribuan orang meninggal karena kanker sebagai efek dari nuklir tersebut. Tak lama setelah itu, Chernobyl pun menjadi kota mati. 

Namun kini Ukraina mencoba bangkit dan memastikan kota Chernobyl bangkit dari 'kematiannya'.  Meski difokuskan pada kegiatan penelitian, rencananya wilayah tersebut juga akan dikembangkan untuk tujuan lain. Termasuk, tempat wisata.

"Tujuan utama Ukraina adalah untuk mengubah wilayah ini ke dalam sistem ekologi yang aman dan menjadi tempat unik untuk percobaan teknik dan penelitian ilmiah. Zona eksklusi, yang selama ini hanya dikaitkan dengan bencana nuklir, akan berubah menjadi wilayah perubahan dan inovasi. Pariwisata sedang dikembangkan di daerah ini," jelas pihak Kedutaan Ukraina di Indonesia melalui keterangan tertulis, Selasa (26/4/2016).

Pemerintah Ukraina yakin, upaya ini akan mengubah citra dari Chernobyl. Dari 'kota mati',  menjadi pusat pengembangan dan penelitian nuklir dunia. Ukraina akan menggunakan pengalamannya untuk menjadi pemimpin dunia dalam bidang penelitian nuklir, dan yakin para ilmuwan dari seluruh negara akan datang ke Chernobyl untuk penelitian dan pelatihan



R24/dev 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru