riau24 Belum Merakyat, BKP Riau Kesulitan Promosikan Sagu Sebagai Pangan Pokok Lokal | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Belum Merakyat, BKP Riau Kesulitan Promosikan Sagu Sebagai Pangan Pokok Lokal

0
Berita Riau -  Belum Merakyat, BKP Riau Kesulitan Promosikan Sagu Sebagai Pangan Pokok Lokal
Pekanbaru, Riau24.com- Kepala Bidang Konsumsi Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Riau, Jompak Sitompul mengatakan sagu di daerah Riau merupakan sagu yang paling bagus dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. Terkait hal itu, pihaknya tengah mempromosikan sagu menjadi bahan pangan pokok lokal. Namun sayangnya hal ini belum menuai respon positif dari masyarakat. Sebab, beras masih menjadi bahan makanan pokok yang belum bisa digantikan dengan sagu.
 
"Sagu kita di Riau adalah yang paling bagus. Kita sedang memperkenalkan beras analog yang dari sagu ini sebagai konsumsi pangan lokal, karena kalau beras kan bisa menyebabkan diabetes. Nah kalau sagu kan tidak. Kita terus promosikan ini agar kita tidak ketergantungan lagi dengan beras," ungkap Jompak saat diskusi pengembangan pedesaan berbasisi sagu bersama Prof Hasyim Bintoro di Ruang Rapat Setdaprov Riau.
 
Jompak mengatakan masyarakat Riau masih berpikiran bahwa kalau belum makan nasi, berarti namanya belum makan. "Mindset ini yang ingin kita ubah. Kita sudah coba mengembangkan pangan pokok lokal ini di Inhil dan Meranti dan bekerja sama dengan Universitas Riau. Tapi belum berhasil, karena sagu belum terlalu memasyarakat," ujarnya, Rabu (27/4/2016) 
 
Menanggapi hal tersebut, Prof Hasyim Bintoro menuturkan, sagu menjadi pangan pokok itu bukannya tidak bisa, hanya saja masih kurang diperkenalkan kepada masyarakat.
 
"Saya pernah datang ke suatu acara. Disana disediakan nasi dan pappeda. Nah, nasi itu bersisa sedangkan pappeda habis dan licin tak bersisa. Itu kan berarti masyarakat suka dengan olahan sagu dan kalau diperkenalkan lebih lanjut, nanti bisa saja mereka bakal doyan," tutur Dosen Agronomi Institut Pertanian Bogor ini.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru