riau24 Wakil Gubernur Definitif Riau Nantinya Akan Diputuskan Oleh Partai Pengusung | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Wakil Gubernur Definitif Riau Nantinya Akan Diputuskan Oleh Partai Pengusung

0
Berita Riau -  Wakil Gubernur Definitif Riau Nantinya Akan Diputuskan Oleh Partai Pengusung
Pekanbaru, Riau24.com- Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman yang direncanakan akan segera dilantik menjadi Gubernur Riau Definitif menimbulkan pertanyaan siapa nantinya yang akan mendampingi dirinya sebagai Wakil Gubernur. 
 
Pengamat Hukum Tata Negara (HTN), Dr Mexsasai Indra mengatakan, Wakil Gubernur Riau yang akan mendampingi Andi Rachman nantinya dipilih secara prerogatif oleh partai politik pengusung.
 
"Yang berhak memilih siapa pendamping kepala daerah yang akan menggantikan jika pejabat sebelumnya berhalangan tergantung pada keputusan partai pemenang Pilkada saat itu," terang Mexsasai.
 
Mexsasai menjelaskan pemilihan tersebut dilakukan lewat mekanisme yang ada pada DPRD Riau. Pengusung calon adalah fraksi yang memenangkan kepala daerah ketika itu. Nantinya DPRD Riau lah yang menjadi pemutus pendamping Andi Rachman kelak.
 
"Pak Anas kemarin kan dari Partai Golkar, jadi nanti yang memilihkan adalah Ketua DPD Golkar Riau, yaitu Pak Andi Rachman sendiri," tuturya.
 
Dikarenakan Andi Rachman merupakan Ketua DPD Golkar Riau, maka pemilihan yang akan dilakukan sendiri olehnya itu nantinya akan berdasarkan asas kecocokan, bukan hanya asas politik murni. "Nantinya Pak Gubernur akan memilih namun dalam kewenangannya sebagai Ketua DPD Golkar Riau. Namun dalam waktu yang sama dia juga sebagai pejabat pemerintah yang nantinya akan menjalani putusan politik partai," imbuhnya. urainya. 
 
Setelah dipilihkan oleh DPRD Riau, selanjutnya nama tersebut akan diserahkan kepada Presiden RI, Joko Widodo melalui Mendagri. Nantinya Mendagri yang akan mengeluarkan Surat Keputusan atas nama presiden. "Berarti keputusan siapa yang berhak menjadi wakil gubernur Riau nantinya silahkan ditanya dengan ketua DPD Riau Partai Golkar, yakni Pak Andi sendiri," pungkasnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru