riau24 Optimalkan Pedesaan Berbasis Kehutanan, Pemkab Usulkan Empat Desa SPKP | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Siak

Optimalkan Pedesaan Berbasis Kehutanan, Pemkab Usulkan Empat Desa SPKP

0
Berita Riau -  Optimalkan Pedesaan Berbasis Kehutanan, Pemkab Usulkan Empat Desa SPKP

Siak, Riau24.com - Kabupaten Siak akan miliki Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan (SPKP). Saat ini, empat Desa telah diusulkan oleh Pemerintah daerah. Hal ini disampaikan Kepala BPPKP Kabupaten Siak,  H Syahrial SE.

Dikatakan Syahrial, pihaknya bersama ketua Tim Bakorluh Provinsi Riau telah berkunjung ke sejumlah tempat di Desa-desa beberapa waktu lalu. Tujuannya memverifikasi dan menyurvei Desa yang memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai daerah Sentra Penyuluh Kehutanan.
"Kami berharap potensi pedesaan berbasis kehutanan dapat ditingkatkan dan dioptimalkan karena bisa menjadi andalan komuditas masyarakat dalam berusaha meningkatkan kesejateraan hidupnya dengan tetap peduli konservasi," terang Syahrial.                                                     
Hal ini sejalan dengan semakin pentingnya menjaga hutan dan kawasan konservasi guna mencegah global warming. "Maka dari itu kita perlu wadah untuk sosialisasi, kegiatan dan pusat informasi perihal kehutanan dengan wadah Sentra Penyuluhan Kehutanan pedesaan," jelas Syahrial.

Sementara, Rudi Formen dari Bakorluh Provinsi menyampaikan, takjub dan salut dengan upaya masyarakat pedesaan dalam upaya menjadi Sentra Penyuluh Kehutanan Pedesaan.  
  
"SPKP ini sebelumnya adalah program dari Kementerian Kehutanan namun setelah itu Pemprov Riau meneruskannya ke provinsi. Kami melihat program ini sangat urgen dan penting dalam upaya-upaya pencegahan kebakaran hutan, pelestarian keanekaragaman hayati, konservasi dan menjaga kawasan konservasi seperti Hutan Lindung, Suaka marga Satwa, Taman Nasional dan lainnya," ujar Rudi.                                                         

Dari hasil pengamatan dan penilaiannya, Siak sangat memenuhi syarat dan kriteria untuk dibentuk SPKP. Seperti Desa Mengkapan yang sudah memiliki Ekoswisata mangrove, Desa Rawa Mekar Jaya yang memiliki Masyarakat Peduli Api, Desa Merempan Hilir memiliki Potensi Kebun Buah Desa, dan Desa Sialang Sakti yang salah satu sekolahnya sudah meraih Adiwiyata.                              
"Ini diluar perkiraan kami. Karena dijaman seperti sekarang ini cukup  sulit memiliki masyarakat yang peduli konservasi. Jika tidak ada pengerak yang bisa diteladani di lapangan, tentu mustahil ini bisa terjadi. Kami berterima kasih dengan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat yang ada di Kabupaten Siak. Walau mereka Swadaya namun bisa optimal mengaplikasikan pengetahuannya di tengah masyarakat," ucapnya.

Dia berharap semakin banyak PKSM terbentuk dan optimal mengabdikan diri di masyarakat guna menciptakan masyarakat yang makmur sejahtera berbasis konservasi dan pemberdayaan masyarakat dengan mengoptimalkan Hasil Hutan Bukan kayu (HHBK).

 

R24/Lin

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru