riau24 Dinas Perkebunan Akan Kembangkan 580 Hektar Sagu di Meranti | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Dinas Perkebunan Akan Kembangkan 580 Hektar Sagu di Meranti

0
Berita Riau -  Dinas Perkebunan Akan Kembangkan 580 Hektar Sagu di Meranti
Pekanbaru, Riau24.com- Sagu dinilai dapat menjadi tanaman yang bisa meningkatkan pendapatan petani desa. Sebab jika diproses secara tepat, sagu dapat memberi manfaat yang besar dari hasil olahannya kepada masyarakat. Tahun ini, Dinas Perkebunan Provinsi Riau akan mengembangkan 580 hektar sagu di Kabupaten Meranti.
 
"Di Meranti tahun ini akan kita kembangkan 580 hektar sagu. Tidak hanya di Meranti saja, di Kabupaten Indragiri Hilir juga akan kita kembangkan. Jumlahnya sekitar 400 hektar lebih," ungkap Kepala Seksi Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Sri Ambar.
 
Dinas Perkebunan menyediakan bantuan kepada masyarakat untuk pengembangan sagu tersebut. Sri mengatakan, sejak tahun 2010 silam pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait bantuan yang akan diberikan.
 
"Ya, kita terus melakukan sosialisasi sejak tahun 2010. Untuk bantuan, seperti ke Inhil itu kita koordinasi langsung dengan Dinas Perkebunan disana. Jadi mekanismenya petani mengajukan proposal ke Dinas Perkebunan Kabupaten dan di tembuskan ke provinsi. Dalam mengajukan proposal ini petani tidak perorangan tapi membentuk kelompok," ujarnya.
 
Bantuan yang akan diberika Dinas Perkebunan kepada masyarakat adalah berupa bibit, alat pertanian kecil seperti cangkul, parang, dan sebagainya. Sementara untuk bibit, yang akan diberikan kepada petani adalah bibit yang sudah disertifikasi.
 
"Bibit yang sudah disertifikasi adalah bibit yang dari Meranti. Jadi kalaupun kita mau menanam di Inhil, bibitnya harus di datangkan dari Meranti. Karena sekarang persyaratan untuk memberi bantuan tanaman dan sebagainya itu adalah yang benar-benar dijamin," tutur Sri.
 
Dijelaskannya, saat ini ada tiga jenis bibit yang sudah disertifikasi. "Yang sudah disertifikasi ada yang berduri, berduri panjang dan tidak berduri," imbuhnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru