riau24 Canggihnya Robot Humanoid Pencari Kapal Karam | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Teknologi

Canggihnya Robot Humanoid Pencari Kapal Karam

0
Berita Riau -  Canggihnya Robot Humanoid Pencari Kapal Karam

Riau24.com – Para peneliti dari Standford University, San Fransisco, Amerika Serikat (AS) menciptakan robot mirip manusia (humanoid) yang difungsikan pencari kapal karam. Humanoid punya kemampuan menyelam itu diberi nama OceanOne.
 
Dikutip Mental Floss, Jumat 29 April 2016, berdasarkan laporan dari Gizmodo, dikatakan OceanOne baru saja melewati penjelajahan perdananya mencari bangkai kapal karam sejak abad ke-17, La Lune. Kapal tersebut merupakan kapal unggulan dari armada Raja Prancis Louis XIV. Robot humanoid ini dibuat memang difungsikan untuk membantu para arkeolog yang sebelumnya tak bisa mencapai kedalaman laut ekstrim untuk menyelam.
 
Salah satu peneliti, profesor ilmu komputer Oussama Khatib mengatakan, kontrol robot dapat dilakukan oleh manusia dari atas kapal. Peneliti menyematkan teknologi umpan balik haptic,sehingga pengontrol dari atas kapal juga merasakan sentuhan yang sama, ketika OceanOne mengenggam artefak yang ditemukan.

Baca: Robot Humanoid Ini Cakap Berbahasa Indonesia 
 
Khatib menambahkan, dengan begitu jarak antara manusia yang mengontrol dengan robot terasa tak jauh, seakan berada disamping robot tersebut.
 
“Kami menghubungkan manusia dengan robot, cara yang sangat intuitif dan bermakna. Manusia dapat memberikan intuisi dan keahlian dan kemampuan kognitif untuk robot. Keduanya mempertemukan sinergi yang luar biasa. Manusia dan robot dapat melakukan hal-hal di daerah terlalu berbahaya bagi manusia, sementara manusia itu masih ada,” kata Khatib.
 
Canggihnya, ternyata selain dikendalikan oleh manusia, para peneliti asal Amerika tersebut juga menyematkan kecerdasan buatan untuk memungkinkan OceanOne yang menjadi ‘pilot’ bagi tubuhnya sendiri.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru