riau24 Riau Sebagai Pusat Sagu Dunia | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Riau Sebagai Pusat Sagu Dunia

0
Berita Riau -  Riau Sebagai Pusat Sagu Dunia
Pekanbaru, Riau24.com- Riau merupakan salah satu daerah dengan produksi sagu terbesar di Indonesia dengan total produksi mencapai 246 ribu per tahun. Asisten III bidang Adminstrasi Umum Setdaprov Riau, Edi Kusdarwanto mengatakan, Riau dapat menjadi pusat sagu dunia dengan pencapaian tersebut.
 
"Michael Sampoerna ingin menjadi raja sagu dunia. Kita bisa manfaatkan momentum itu dengan menjadikan Riau sebagai pusat sagu dunia berdasarkan total sagu yang diperoleh Riau," kata Edi kepada wartawan.
 
Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Darmansyah mengungkapkan Pemprov saat ini tengah berusaha melakukan ekspor sagu ke luar negeri untuk meningkatkan perekonomian dan menunjang produksi pangan.
 
Dikatakannya, di Indonesia sagu terbesar hanya ada di Riau dan Papua. Untuk Riau, daerah sentra produksi sagu berada di bagian pesisir yakni Kepulauan Meranti, Bengkalis dan Indragiri Hilir.
 
"Permintaan sagu saat ini tinggi dan berpotensi dijual di wilayah Eropa dan Asia Timur. Maka dari itu pelestarian ekosistem lahan gambut juga bermanfaat untuk mengembangkan perkebunan sagu di Meranti," ujar Darmansyah, Jumat (28/4/2016).
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru