riau24 Aljazair Kepincut Nuklir Rusia | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Internasional

Aljazair Kepincut Nuklir Rusia

0
Berita Riau -  Aljazair Kepincut Nuklir Rusia

Riau24.com – BUMN nuklir asal Rusia, Rosatom dan Komisariat Energi Atom Aljazair menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai kerja sama pengembangan energi nuklir. MoU ini ditujukan untuk membangun bentuk konkrit dari kerjasama bisnis antara Rusia dan Aljazair baik dalam aplikasi bidang energi dan nonenergi atom untuk tujuan damai.

"MoU ini juga memberikan kesempatan implementasi bersama atas proyek PLTN di Aljazair yang didasari oleh teknologi Rusia, serta kerja sama di bidang siklus bahan bakar nuklir. Kemungkinan keterlibatan Aljazair dalam proyek Reaktor Cepat Serba Guna atau Multi-purpose Fast Reactor, kerja sama di bidang keselamatan dan keamanan nuklir, pendidikan nuklir dan pelatihan nuklir untuk personel, termasuk pelatihan para mahasiswa Aljazair belajar di berbagai universitas di Rusia," demikian keterangan pers Rosatom yang diterima VIVA.co.id, Sabtu, 30 April 2016.

Disampaikan Rosatom, pada bidang nonenergi, kedua pihak sepakat untuk melanjutkan diskusi dan penilaian atas proyek-proyek.

Contohnya, seperti membangun Nuclear Science and Technology Center yang berdasarkan riset atas reaktor dengan desain Rusia, pembangunan fasilitas untuk memproduksi isotop dan penerapan radioisotop di industri Aljazair, pembangunan pusat kedokteran nuklir dan pusat iradiasi untuk meningkatkan efisiensi pertanian, dan lainnya.

"MoU ini memprediksi pembangunan roadmap bersama yang ditujukan untuk pelaksanaan program nuklir damai di Aljazair. Roadmap ini khusus digunakan untuk menentukan proyek-proyek yang saling menguntungkan dan harus dilaksanakan oleh kelompok kerja bersama ini." ujarnya. (ase)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru