riau24 Pekanbaru Jadi Kota dengan Deflasi Tertinggi | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pekanbaru Jadi Kota dengan Deflasi Tertinggi

0
Berita Riau -  Pekanbaru Jadi Kota dengan Deflasi Tertinggi

Pekanbaru, Riau24.com- Dari sepuluh ibukota di Provinsi Sumatera, deflasi tertinggi terjadi di Pekanbaru, Jambi dan Tanjung Pinang. Pada bulan April 2016, Pekanbaru mengalami deflasi sebesar 1,26 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 121,61.

Andil deflasi di Pekanbaru pada bulan April tersebutt disumbang oleh tiga kelompok pengeluaran yakni kelompok bahan makanan sebesar 1,01 persen, kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,31 persen serta kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar dengan andil sebesar 0,06 persen.

"Meski mengalami deflasi tertinggi, di Pekanbaru juga terdapat dua kelompok yang mengalami inflasi yaitu makanan jadi, rokok dan tembakau sebesar 0,12 persen dan kelompok sandang sebesar 0,01 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Mawardi Arsyad, Senin (2/5/2016).

Sementara itu, komoditas yang memberikan andil besar dalam terjadinya deflasi di Pekanbaru yaitu cabai merah sebesar 0,75 persen, bensin sebesar 0,30 persen, beras sebesar 0,25 persen, daging ayam ras sebesar 0,13 persen, tarif listrik dan telur ayam ras masing-masing sebesar 0,06 persen.

"Komoditas yang juga memberi andil besar bagi deflasi di Pekanbaru adalah buncis, solar, dan angkutan udara masing-masing sebesar 0,02 persen serta cabai rawit, semen dan cabai hijau masing-masing sebesar 0,01 persen," sambung Mawardi.

Mawardi juga menjelaskan, selain beberapa komoditas yang memiliki andil dalam terjadinya deflasi dan inflasi di Pekanbaru, kelompok kesehatan dan pendidikan, rekreasi dan olah raga justru relatif stabil.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru