riau24 Tangani Karlahut, BRG Bangun 50 Sumur Bor di Desa Rimbo Panjang | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Tangani Karlahut, BRG Bangun 50 Sumur Bor di Desa Rimbo Panjang

0
Berita Riau -  Tangani Karlahut, BRG Bangun 50 Sumur Bor di Desa Rimbo Panjang
Pekanbaru, Riau24.com- Desa Rimbo panjang merupakan salah satu lokasi rawan kebakaran gambut di Provinsi Riau. Untuk itu, Badan Restorasi Gambut (BRG) bersama Pemerintah Provinsi Riau, Kampar dan Rimbo Panjang membuat 50 unit sumur bor di Kecamatan Tambang, Kampar.
 
Dalam demonstrasi pemasangan sumur bor yang dilakukan hari ini, Selasa (4/5:2016) disaksikan oleh Kepala BRG Nazir Foead, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Deputi Penelitian dan Pengembangan BRG Haris Gunawan, Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Kepala BPBD Riau, Kepala Dinas Kehutanan Riau Fadrizal Labay, Kapolda Riau, Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup UR serta Kepala Badan, Instansi dan Lembaga lainnya.
 
"BRG menggunakan dua cara dalam melakukan restorasi gambut. Pertama, memberikan respon cepat aksi restorasi pada lokasi-lokasi penting rawan kebakaran, dan kedua diprogramkan melalui rencana aksi restorasi gambut," ungkap Nazir.
 
Sementara itu, Deputi Bidang Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan BRG, Alue Dohong mengatakan pihaknya bekerja sama dengan perangkat desa dan Masyarakat Peduli Api (MPA) untuk menentukan lokasi pembuatan sumur bor ini. 
 
"Pembuatan sumur bor merupakan upaya awal mencegah perluasan kebakaran. Sumur yang kami pasang disamping sebagai sumber air untuk pemadaman kebakaran dan pembasahan gambut, juga dapat digunakan sebagai penyedia air bersih bagi warga sekitar," tutur Alue.
 
Dua hari yang lalu, untuk memantapkan warga dalam memasang sumur bor, telah dilakukan pelatihan pada MPA dan aparat pemerintah dengan mendatangkan langsung pakar gambut dan kebakaran hutan dari Universitas Palangkaraya, Dr Aswin Usup. 
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru