riau24 Guruh Gemurai Wisata Primadona Kuansing | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Kuantan Singingi

Guruh Gemurai Wisata Primadona Kuansing

0
Berita Riau -  Guruh Gemurai Wisata Primadona Kuansing
Kuansing, Riau24.com - Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau memang memiliki banyak sekali potensi wisata, baik wisata alam, wisata sejarah maupun wisata budaya.
Jika dilihat satu persatu tentu sangat beragam dan bentuknya, baik air terjun, padang candi, goa, rumah adat, sumber air panas, event pacu jalur maupun festival perahu baghanduang.

Potensi wisata yang di miliki Kuansing terutama obyek wisata Air Terjun Guruh Gemurai Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik, Air Terjun Batang Koban di Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan dan Kebun Nopi eks Venue Dayung Bukit Pedusunan Kecamatan Kuantan Mudik termasuk Sumber Air Panas Sungai Pinang di Kecamatan Hulu Kuantan, telah menjadi primadona wisata kuansing.

Diharapkan dengan potensi wisata yang dimiliki Kuansing tersebut, akan dapat menjadi Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang pada akhirnya akan mampu menggenjot Pendapatan Asli daerah (PAD), karena pada satu obyek wisata saja seperti Air Terjun Guruh Gemurai Desa Kasang baru mampu memperoleh sekitar Rp. 78 juta per tahun. (fhoto)

Padahal, bila dikembangkan dan ditata sedemikian rupa sudah barang tentu akan mampu meningkatkan PAD lebih besar lagi, dengan cara meningkatkan sadar wisata terhadap masyarakat yang berada di kawasan wisata tersebut.

Begitu juga dengan jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek Air Terjun Guruh Gemurai ini, masih kurang dari 1.000 orang per tahunnya dan belum ada yang melebihi angka 1.000, ini disebabkan daya tarik wisatawan kurang dan beberapa obyek kunjungan dan fasilitas wisata juga masih terlihat kurang.


Lantas, bagaimana kawasan pariwisata ini dapat berdampak pada peningkatan PAD, padahal obyek wisata ini  masih dapat berkembang seperti Daerah Sumatera Barat yang selalu menjadi daerah tujuan dan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Mampukah meningkatkan kunjungan halnya sumatera barat yang memiliki daya tarik
tersendiri.

“ Primadona Wisata Kuansing berupa Air Terjun Guruh Gemurai, Air Terjun batang Koban, dan kebun Nopi/ bekas venue dayung, tentu memiliki keunggulan dan memiliki daya tarik bagi para wisatawan," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi, Munafrie, ST ketika dihubungi Riau24.com.

Pengembangan pariwisata berpotensi menciptakan daya tarik investasi dan juga penyerapan tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran dan dapat diberdayakan warga setempat, bahkan bisa juga meningkatkan ekonomi masyarakat, karena banyaknya warga yang bisa berjualan di sekitar obyek wisata.

Oleh karena itu, potensi yang besar tersebut, harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dan dibutuhkan kesiapan masyarakat sebagai tuan rumah destinasi pariwisata yang akan menerima manfaat dari aktivitas kepariwisataan.

“Mereka perlu pola pikir dari agraris ke pola pikir pariwisata dan itu perlu didukung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder). Kalau dari masyarakat, yang utama adalah meningkatkan kesadaran dan meningkatkan tata kelola objek daya tarik pariwisatanya,” ujarnya.

Ke depannya, Diskebparpora Kuansing akan menggandeng perusahaan swastayang beroperasi di Kuansing, untuk ikut peduli wisata yang ada di Kuansing. Misalnya meningkatkan souvenir maupun pembuatan gazebo atau tempat peristirahatan para wisatawan, masyarakat yang menjaga dan melestarikan serta berjualan, dan pemerintah hanya memfasilitasi obyek tersebut. Sehingga sangat perlu adanya keterpaduan dalam pengembangan obyek wisata kuansing, yang nantinya mampu menarik para wisatawan dan meningkatkan PAD.

Alangkah indahnya bila kita bisa menikmati gemuruh ombak air terjun guruh gemurai, dengan mandi di kolam diantara bebatuan yang cantik dengan fasilitas lengkap yang berada di negeri sendiri, plus memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi daerah.  Air yang jernih terasa sejuk di jari kaki dan menjadi salah satu daya tarik.

Maka tidak salah jika pemkab kuansing nantinya harus menambah fasilitas pendukung dengan menarik para investor (perusahaan yang beroperasi di kuansing untuk menanamkan sahamnya di obyek wisata yang telah menjadi primadona kuansing. Dengan cara menambah kolam pemandian, jalan ke seluruh tingkat air terjun, taman-taman serta
souvenir di lokasi obyek wisata.

Sebab, kawasan wisata kuansing ini juga sangat layak di buatkan paket wisata, karena jaraknya juga tidak terlalu jauh. Sebab dari Teluk Kuantan hanya sekitar 18 kilometer sampailah di Kebun Nopi eks venue dayung Bukit pedusunan, dengan menikmati pemandangan alam dan bisa juga berselancar atau menaiki kereta air maupun olahraga layaknya volly pantai.

Puas menikmati permainan di kebun nopi,makka dilanjutkan ke Air Terjun Guruh Gemurai desa kasang yang berjarak sekitar 8 kilometer ke arah perbatasan Riau Sumbar tepatnya di kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh Desa Kasang. Maka akan dapat menikmati air terjun Guruh Gemurai dengan mandi-mandi di kolam diantara sela-sela bebatuan, yang diiringi juga dengan suara gemuruh ombak dan kicauan burung.


R24/dev/zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru