riau24 Survei: Jumlah Spesies di Bumi 1 Triliun | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Teknologi

Survei: Jumlah Spesies di Bumi 1 Triliun

0
Berita Riau -  Survei: Jumlah Spesies di Bumi 1 Triliun

Riau24.com – Sebuah survei yang dilakukan peneliti Amerika Serikat menunjukkan data baru jumlah spesies yang ada di Bumi. Data survei yang dilakukan peneliti Indiana University Bloomington College of Arts and Sciences, Amerika Serikat, menunjukkan ada setidaknya 1 triliunspesies yang ada di Bumi.

Perkiraan jumlah spesies itu melonjak signifikan dari survei jumlah spesies sebelumnya pada 2011. Pada survei lima tahun lalu oleh ahli biologi di Hawaii dan Kanada, mereka memperkirakan jumlah spesies yang ada di Bumi sekitar 8,7 juta. Survei lama itu mencatat ada perkiraan jumlah spesies serendah 7,4 juta spesies atau sampai 10 juta spesies. 

Namun, dari perkiraan jumlah spesies yang sangat besar tersebut, peneliti mengatakan sejauh ini baru 0,1 persen yang sudah bisa diketahui, artinya 99,9 persen belum sepenuhnya diketahui.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa 3 Mei 2016, peneliti Indiana University mengatakan, untuk sampai pada perkiraan jumlah 1 triliun tersebut, mereka telah menggabungkan sejumlah data spesies dari berbagai pihak dan mempertimbangkan mikroorganisme yang tak bisa dilihat mata telanjang. Di antaranya yaitu organisme satu sel, bakteri, archaea, dan jamur tertentu.

"Perkiraan sebelumnya kan berbasis pada upaya yang secara dramatis di bawah sampel keragaman mikroorganisme. Memperkirakan jumlah spesies di Bumi merupakan salah satu tantangan besar dalam biologi," kata salah satu peneliti, Jay Lennon. 

Lennon mengatakan, dalam survei yang dilakukan, timnya mengombinasikan seperangkat data yang paling luas dengan menggunakan model ekologi. Dengan demikian, maka memberikan perspektif baru dan perkiraan jumlah spesies mikroba di Bumi. 

Peneliti mengatakan estimasi baru jumlah spesies itu berbasis teknik matematika yang mempertimbangakan berbagai data.

Peneliti mengombinasikan data tumbuhan, hewan, kehidupan mikroorganisme dari berbagai lembaga pemerintah, akademik, hingga komunitas ilmiah.

Beberapa di antaranya, peneliti Indiana University itu mengaku mendapatkan data spesies dari Human Microbiome Project Institut Nasional AS, Tara Oceans Expedition, dan Earth Microbiome Projec. 

Dari kolaborasi itu, peneliti menyusun data lebih dari 20 ribu survei mikroba, dan hampir 15 ribu data pohon, burung serta mamalia. 

"Usai menganalisis sejumlah data yang masif, kami melakukan pengamatan tren sederhana, tapi kuat dalam perubahan keanekaragaman hayati pada semua skala," kata peneliti lain, Kenneth Locey yang menulis survei tersebut.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru