riau24 Crane di Masjidil Haram Ambruk Sebabkan Jatuhnya Korban Jiwa | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

65 Orang Dikabarkan Tewas

Crane di Masjidil Haram Ambruk Sebabkan Jatuhnya Korban Jiwa

1
Crane (derek) yang ada di Masjidil Haram Mekkah Jumat kemarin ambruk, menyebabkan puluhan JCH terluka dan dikabarkan ada yang meninggal
Berita Riau -  Crane di Masjidil Haram Ambruk Sebabkan Jatuhnya Korban Jiwa
Arab Saudi-Riau24.com-Insiden jatuhnya Derek (crane) yang ada di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, ke tempat thawaf, Jumat (11/9/2015) kemarin mengakibatkan ratusan JCH menjadi korban. Pihak berwenang di tempat suci itu dinilai telah melakukan kelalaian sehingga mengakibatkan korban jiwa.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan ada 20 jamaah calon haji Indonesia menjadi korban luka-luka dan satu (sumber lain; dua) jamaah meninggal akibat insiden tersebut, menyusul hujan deras disertai angin kencang yang melanda tanah suci.

“Kejadian ini memang luar biasa,” ujar Amirul Hajj itu, dalam pembicaraan via telepon dengan tim Media Center Haji (MCH) di Makkah, Jumat malam. Ia mengakui akibat hujan deras dan angin kencang di Makkah, alat berat yang digunakan untuk perluasan Masjidil Haram goyah dan terjatuh.

“Ada jamaah kita sebanyak 20 orang yang terluka dan sudah dibawa ke rumah sakit di Jiyad, Arab Saudi,” katanya.

Selain itu, kata dia, ia menerima informasi ada satu jamaah yang meninggal namun masih membutuhkan data detil terkait nama dan embarkasi mana.

“Keluarga di Indonesia harap tetap tenang karena korban luka sudah ditangani dokter yang profesional,” ujarnya.

Menag juga tak lupa menghimbau agar jamaah yang akan melaksanakan umrah qudum (kedatangan) menunda dulu ibadahnya sampai situasi di Masjidil Haram dinyatakan aman.

Sebelumnya dilaporkan adanya kecelakaan di Masjidil Haram yang memakan korban jiwa. Sebuah crane yang merupakan bagian dari proyek pengerjaan perluasan Masjidil Haram terjatuh dan menimpa jamaah haji.

Crane memang mudah ditemukan di sekitar Masjidil Haram sebagai bagian untuk renovasi demi perluasan kapasitas jamaah. Kecelakaan tersebut datang hanya beberapa hari sebelum puncak ibadah haji yang diikuti jutaan Muslim dari seluruh dunia.

Pemerintah Arab Saudi berusaha keras untuk mempersiapkan pelayanan terbaik bagi jutaan Muslim yang berkumpul di Makkah. Tahun lalu, Kerajaan Arab Saudi mengurangi kuota jamaah haji dengan alasan keamanan karena pekerjaan konstruksi untuk memperbesar Masjidil Haram.

Sebelum crane raksasa itu jatuh, angin kencang menghempas saat salat Magrib. Seperti dilansir Al Arabiya dan USA Today, lengan crane raksasa itu muncul tiba-tiba dari atap masjid.

Sejumlah jamaah yang berada di bawahnya tertimpa bangunan yang runtuh. Belum dipastikan berapa jumlah korban jiwa dan luka-luka.

65 dikabarkan tewas

Otoritas pertahanan sipil Arab Saudi menyatakan, setidaknya 65 orang tewas dan 154 lainnya terluka akibat tertimpa crane yang jatuh Masjidil Haram Mekah, Jumat (11/09/2015).

Al Jazeera melaporkan, menurut saksi mata crane jatuh di lantai tiga dari Masjidil Haram sekitar pukul 17:45 waktu setempat.

Disebutkan saat itu, Masjidil Haram memang tengah disesaki jamaah haji yang akan melakukan shalat magrib pada pukul 18:30 waktu setempat. Disebutkan, crane itu terjatuh akibat angin kencang.

“Puluhan ambulans segera dikerahkan ke lokasi, dan pihak berwenang menutup daerah tak lama setelah itu. Saya dikelilingi oleh orang-orang yang berduka. Suasana di sini adalah kesedihan.” ujar saksi mata.

Beberapa hari ini cuaca buruk memang sedang melanda tanah suci. Badai pasir yang kuat dilaporkan melanda kawasan itu dalam beberapa hari terakhir. Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan, peziarah jubah berdarah dan massa puing-puing bangunan yang tampaknya telah jatuh melalui langit-langit.

Hingga kini belum ada informasi tambahan dari Kementerian Luar Negeri terkait kondisi jemaah haji Indonesia. Jutaan jamaah haji dari seluruh dunia telah berkumpul di Mekah untuk menjalankan ritual ibadah haji, yang akan dimulai pada 21 September mendatang. R24/mrd/detik/awanjakarta
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 12 Desember 2017 13:10 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru