riau24 JK Tak Persoalkan Mahar Caketum Golkar Rp1 Miliar | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

JK Tak Persoalkan Mahar Caketum Golkar Rp1 Miliar

1
Berita Riau -  JK Tak Persoalkan Mahar Caketum Golkar Rp1 Miliar
Jakarta, Riau24.com- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku, tidak mempermasalahkan syarat wajib penyerahan uang sebesar Rp1 miliar dari calon ketua umum Golkar. Pria yang akrab disapa JK ini menyebut, panitia pemilihan caketum hanya perlu mengubah tujuan penyerahan uang tersebut.

"Itu formatnya saja yang salah. Bukan syarat untuk orang mendaftar, tapi berpartisipasi dalam kepanitian," ujar JK di Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/5).

Mantan Ketua Umum Golkar ini pun lebih setuju penyerahan syarat uang itu disebut sebagai sumbangan ketimbang mahar. Uang tersebut, menurut dia, bisa digunakan untuk gotong-royong membantu panitia.
"Tidak salah kalau menyumbang kan, asal jelas dari mana uangnya," katanya.

Lauren Siburian, Wakil Ketua Komite Etik Munaslub Partai Golkar menuturkan, mahar Rp1 miliar yang menjadi syarat pendaftaran caketum Golkar akan dihapuskan.

Hal ini disampaikannya usai berkonsultasi dengan pimpinan KPK. Pasalnya, uang tersebut dinilai rentan sebagai tindak pidana gratifikasi. Namun, ia belum memastikan apakah rencana penghapusan mahar tersebut akan disepakati.

"Nanti pimpinan Golkar akan menyampaikan ke panitia Munaslub soal konsultasi komite etik dengan KPK," ucapnya di Gedung KPK, Rabu (4/5).

Sebelumnya, Ketua Panitia Pengarah Munaslub Golkar Nurdin Halid bilang, syarat uang sebesar Rp1 miliar ini wajib dibayarkan caketum sebelum proses verifikasi.

Hingga kini ada sepuluh bakal caketum yang akan bertarung dalam Munaslub 23-26 Mei mendatang, di antaranya Ade Komarudin, Aziz Syamsudin, Mahyudin, dan Setya Novanto.

R24/uci/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 18 November 2017 10:06 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru