riau24 Orangutan Dewasa Penuh Luka Ditemukan Terjerat di Kalimantan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Nasional

Orangutan Dewasa Penuh Luka Ditemukan Terjerat di Kalimantan

1
Berita Riau -  Orangutan Dewasa Penuh Luka Ditemukan Terjerat di Kalimantan

Riau24.com – Seekor orangutan ditemukan terjerat di pemukiman warga di Kecamatan Teluk Pandan Kutai Timur Kalimantan Timur. Saat ditemukan kondisinya sangat memprihatinkan.

Di salah satu kakinya terdapat jerat tali, kedua bola matanya rusak dan tubuhnya sangat kurus karena tidak mendapatkan makanan serta luka di beberapa bagian tubuh.

"Kami tidak tahu siapa yang menjerat. Karena warga takut untuk mendekati. Kondisinya sudah sangat memprihatinkan," kata Sekretaris Desa Kandolo Teluk Pandan, Syaidil Akbar, Jumat 6 Mei 2016.

Kini, orangutan yang diperkirakan berusia 20 tahun tersebut sudah dievakuasi. Ia masih mendapatkan pertolongan medis dari Tim Ape Crusader Centre For Orangutan Protection (COP).

"Kakinya yang terkena jerat sudah sangat parah. Kalau tidak segera membaik, hewan ini terancam diamputasi," kata tim medis COP Paulinus Kristianto.

Pemeriksaan medis awal, kondisi tubuh orangutan ini sudah sangat kurus. Beratnya hanya mencapai 30 kilogram, padahal untuk orangutan dengan usai 20 tahunan harusnya sudah mencapai 60 kilogram.

Tak cuma itu, ditemukan pula luka menonjol di bawah telinga sebelah kanan akibat ada satu butir peluru senapan angin di dalamnya. Di tubuhnya juga ditemukan luka-luka, pada kulit bahu, di kulit perut kiri selebar dua sentimeter, punggung 3 sentimeter, telunjuk kiri satu sentimeter dan pada pinggul kanan selebar 2 sentimeter.

"Diduga masuknya ornagutan ini karena habisnya makanan mereka di hutan. Sebab akhir 2015 lalu, sebagian besar wilayah Taman nasional Kutai di Teluk Pandan habisa terbakar," kata Paulus.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 18 November 2017 10:07 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru