riau24 Sekolah Lakukan Pungutan Uang Komite, Kadisdikbud Riau Malah Memperbolehkan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Sekolah Lakukan Pungutan Uang Komite, Kadisdikbud Riau Malah Memperbolehkan

0
Berita Riau -  Sekolah Lakukan Pungutan Uang Komite, Kadisdikbud Riau Malah Memperbolehkan
 
Pekanbaru, Riau24.com - Setakat ini sejumlahan sekolah melakukan pungutan uang komite. Sehingga, tidak jarang hal demikian menjadi keluhan wali murid. Namun aneh, pungutan tersebut diperbolehkan Disdikbud Riau.
 
"Kenapa di sekolah itu harus ada uang komite. Sehingga dipastikan ini menjadi keluhan. Padahal saat sekarang diketahui pemerintahan sudah menggalakan wajib belajar pada anak-anak usia sekolah dan memang gratis pendidikan. Tetapi itu tadi, ada uang komite," terang Nuraini.
 
Padahal terangnya, wajib belajar 12 tahun gratis berlaku Juni 2015 lalu yang pernah dipaparkan oleh. Presiden Jokowi. Artinya, didalam hal ini pemerintahan Presiden RI tersebut sepenuhnya sudah siap membiayai serta memberi semua fasilitas sampai anak bangsa bisa berilmu.
 
Dengan melihat ini, sebut Nuraini, sangat bertentangan atas kondisi yang terjadi di Provinsi Riau pada dunia pendidikan. Karena, seperti diketahui masih ada pungutannya uang komite di sekolah. Terkait ini diminta instansi terkait yaitu Dinas Pendidikan sekiranya untuk dapat bersikap.
 
Sementara itu, Kepala Disdikbud Riau Kamsoel dikonfirmasi hal ini mengatakan, adanya uang komite di sekolah itu sah-sah saja. Walau ini ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), itu hanya mampu menutupi 30 persen untuk halnya daripada keseluruhan biaya-biaya sekolah.
 
"Wajar itu ada namanya pungutan uang komite di sekolah. Dikarena, dana BOS itu hanya menutupi 30 persen dari keseluruhannya biaya sekolah yang dibutuhkanya. Saya contohkan dana BOS ini diberikan sekitar Rp1.4 juta per anak, tetapi kebutuhanya anak itu Rp3.8 juta," sebutnya.
 
Bahkan terang Kamsoel, sekolah yang hanya mengandalkan dana BOS saja tanpa ada uang komite maka pencapaian kinerja sekolah tersebut rendah. Namun, sekolah mengguna dana BOS dan Komite bahkan lebih tinggi kinerjanya dari sekolah yang tidak menggunakan uang komite.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru