riau24 Wawan Tembong Bocorkan Teknik Jago Freestyle | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Otomotif

Wawan Tembong Bocorkan Teknik Jago Freestyle

0
Berita Riau -  Wawan Tembong Bocorkan Teknik Jago Freestyle

Riau24.com – Istilah freestyle dalam dunia sepeda motor sudah umum dipahami banyak bikerFreestyle merupakan kemampuan melakukan atraksi di atas ‘kuda besi’, menciptakan gerakan yang indah.

Aksi ini biasanya dilakukan mereka yang sudah ahli. Sangat sedikit sekali biker yang bisa atau memiliki kemampuan freestyle.

Di Indonesia, ada nama Wawan Tembong, yang terkenal piawai melakukan atraksi di atas motor, hingga menyabet berbagai gelar juara, baik nasional maupun internasional.

Menurut Wawan Tembong, freestyle di atas motor sebenarnya mudah dilakukan, setelah biker sudah menguasai teknik dasarnya.

"Kuncinya memang percaya diri. Ada satu cara awal agar mereka mahir freestyle, yakni melajukan motor dengan membentuk angka delapan. Jadi, belajar membawa motor, bukan orangnya yang dibawa motor,” kata Wawan Tembong pada VIVA.co.id, Minggu, 8 Mei 2016.

Terkait lamanya latihan hingga mahir, juara Motor Stunt Grand PrixThailand 2016 itu menyebut, waktu tiga bulan sudah cukup. Tetapi, dengan catatan, selama satu bulan pertama, biker yang berlatih wajib menguasai gaya dasar dengan sempurna yakni burnout, wheelie danstoppie.

"Sebenarnya, kuncinya itu ada di pengereman. Kalau burnout, pengereman juga harus kuat. Termasuk wheelie, rem kaki yang berfungsi dominan. Kalau stoppie, rem tangan yang berfungsi utama. Nah, badan cuma mengikuti atau imbangi saja," kata Wawan.

Menurut pria asal Boyolali itu, para biker yang tengah mempelajari freestyle juga harus memerhatikan motor yang digunakannya. Ia menganjurkan, motor wajib diatur setelan angin ban serta suspensi yang dibuat lembut.

"Modal untuk jadi freestyle itu sebenarnya enggak mahal, berbeda jika main di drag race, karena motor dituntut untuk mengalami berbagai ubahan. Sementara untukfreestyle, kepiawaian pengendara yang diutamakan," jelasnya.

"Yang penting, tekun dan belajar di tempat yang dianjurkan, jangan di jalanan. Lengkapi juga dengan berbagai perlengkapan keamanan, helm, body protector dan sebagainya," ujarnya.

Hal itu dinilai beralasan, karena menurut pengamatannya, masih banyak freestylerpemula yang berlatih dengan asal-asalan. Selain kurang memerhatikan safety, kata Wawan, mereka, meski belum mahir, sudah nekat melakukan gaya yang cukup ekstrem.

Selain itu, ia juga menganjurkan agar kendaraan roda dua yang dipilih untuk freestyletelah mengadopsi sistem injeksi. Sebab, jika masih memakai karburator, kadang suka tersendat, seperti ada jeda saat melakukan aksi.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru