riau24 Pasar Lubuk Jambi Sempit Butuh Bangunan Baru | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Kuansing

Pasar Lubuk Jambi Sempit Butuh Bangunan Baru

3
Berita Riau -  Pasar Lubuk Jambi Sempit Butuh Bangunan Baru
Kuansing, Riau24.Com - Kondisi pasar Lubuk Jambi kecamatan kuantan Mudik kabupaten Kuantan Singingi, yang saat sekarang sudah semakin sempit dan sudsah tidak mamp-u menampung para pedagang dan pembeli, sehingga sangat perlu dilakukan pembangunan baru. Namun sampai saat sekarang ini, pasar Lubuk jambi yang berdiri di era tahun 1950 - an, belum ada mengalami perubahan yang signifikan dan terlihat moderen.

Akan tetapi masih seperti bangunan lama yang sudah ketinggalan zaman. " Dari dulu bangunan pasar Lubuk Jambi masih seperti itu-itu saja, dan belum terlihat bangunan bertingkat sebagai tempat berjualan para pedagang," Ungkap salah satu warga Lubuk jambi, ujang (45) ketika dihubungi. Menurutnya, jika di lihat pasar-pasar moderen di kota-kota besar, pasar Lubuk jambhi sudah ketinggalan zaman, dan bila di bandingkan dengan kota Teluk Kuantan sangat jauh ketinggalan, karena di Teluk Kuantan sudah ada pasar tradisional dan pasar moderen.

Sementara di Lubuk jambi beluma da pasar tradisional maupun pasar moderen, akan tetapi hanya berupa pasar tradisional era tahun 1950-an saja. " Artinya sudah lebih setengah abad ketinggalan pasar lubuk jambi dengan pasar di Teluk Kuantan maupun kota-kota besar lainnya," paparnya. Oleh karena, diharapkan ke depannya, Pemkab Kuansing melakukan pembangunan pasar Lubuk jambi dengan membangun pasar tradisional bertingkat, dan bukan membangun los pasar yang panjang seperti sekarang ini.

Begitu juga tempat parkir kenderaan bermotor juga harus tersedia, yang menyebabkan jalanan tidak menjadi macet, sebutnya. Ketika dihubungi Kepala Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Azhar Ali, MM tentang rencana pembangunan pasar Lubuk Jambi menyebutkan, untuk membangun pasar Lubuk Jambi dibutuhkan lahan baru minimal 2 hektar.

Apabila lahan tersedia, tentu bisa diusulkan untuk dilaksanakan pembangunan pasar baru. Saat ini pihaknya sedang menunggu anggaran Tugas Pembantyuan (TP) untuk membangun pasar di Kuansing, dan salah satunya termasuk pembangunan pasar Lubuk jambi. Sebab, untuk membangun sebuah pasar dibutuhkan dana minimal Rp. 5 milyar, yang hanya ada di Kementrian Perdagangan republik Indonesia, ujarnya. " Proposal usulan rencana pembangunan pasar telah kita usulkan, dan sampaikan ke kementrian perdagangan, mudah-mudahan dan berharap sekali agar kementrian perdagangan mengabulkan permohonan kuansing tersebut," paparnya.

Sebab pada tahun lalu juga diusulkan pembangunan pasar tiga buah pasar ke kementrian perdagangan, dan alhamdulillah tahun 2016 ini akan dibangun dengan lokasi di Desa Pangkalan kecamatan Pucuk Rantau, Geringging baru kecamatan Sentajo Raya, dan Jake kecamatan Kuantan tengah. DPKP tidak akan pernah puas danb akan terus mengusulkan untuk di bangun pasar di Kuansing, dimana tahun ini diusulkan pembangunaj tiga buah pasar baru yang berada di Pasar Lubuk jambi kecamatan kuantan Mudik, pasar Muara Lembu kecamatan Singingi dan pasar benai kecamatan benai.

Artinya seluruh pasar induk atau pasar lama diusulkan untuk dibangun ke kementrian perdagangan RI, dengan harapan pihak kementrian perdagangan mengabulkan permohonan kuansing tersebut, karena ini demi kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat tempatan, tukasnya.

R24/Zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Della asmira
Selasa, 13 Juni 2017 10:39 wib
pasar tradisional bebas dari pembangunan mall, suparemarket dll, yg menyebabkan sepinya pasr tradisional.....harus bersih rapi dan tertata
Andela
Selasa, 13 Juni 2017 10:37 wib
pembangunan pasar yg baik adalah bebas gangguan, dari segala hal baik itu kebersihan, kenyamanan, dll petugas pasar hrs mengatur supaya pasar tertata rapih
Andian
Selasa, 13 Juni 2017 10:35 wib
seharusnya pemerintah setempat membangun pasar tradisional yang layak, dalam arti strategis, luas, bersih, rapi dan tertata, sehingga hal ini akan membuat para penjual dan pembeli nyaman dalam bertransksi. sehingga PAD daerah setempat juga akan meningkat.....
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru