riau24 Kepala BMKG Pusat Sebut Sebaiknya Riau Punya Stasiun Klimatologi | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kepala BMKG Pusat Sebut Sebaiknya Riau Punya Stasiun Klimatologi

0
Berita Riau -  Kepala BMKG Pusat Sebut Sebaiknya Riau Punya Stasiun Klimatologi
Pekanbaru, Riau24.com- Provinsi Riau saat ini hanya memiliki stasiun meteorologi saja. Mengetahui hal itu Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, Andi Eka Sakya mengatakan sebaiknya Riau juga memiliki stasiun klimatologi sebab stasiun tersebut seharusnya dimiliki setiap provinsi.

"Stasiun klimatologi ini sebetulnya kita butuhkan di setiap provinsi untuk membantu ketepatan prediksi musim kemarau dan penghujan," terang Andi, Selasa (10/5/2016) usai menjadi pembicara dalam acara Sosialisasi BMKG kepada Media Massa dan Stake Holder di Hotel Aryaduta, Pekanbaru.

Selain untuk membantuk ketepatan prediksi musim, stasiun klimatologi juga bermanfaat bagi petani. Sebab, dengan data yang diperoleh petani dapat mengembangkan kalender tanam.

"Stasiun itu nanti juga bisa membantu petani untuk mengembangkan kalender tanam, sehingga mereka bisa memutuskan komoditas apa yang dibutuhkan dan kapan harus menanam," urai Andi.

Namun kata Andi, belum tersedianya stasiun klimatologi di Riau saat ini sebenarnya bukanlah masalah besar karena BMKG Riau masih memiliki data dari BMKG pusat.

"Saat ini tidak masalah kalau Riau belum punya stasiun klimatologi karena BMKG Pusat memiliki database untuk seluruh Indonesia. Tapi kami juga mohon bantuan dari Pak Gubernur untuk tetap menyiapkan stasiun klimatologi tersebut," terang Andi.

Menanggapi pernyataan tersebut, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan akan membahas lebih lanjut mengenai rencana ini. "Iya, nanti kita bicarakan ya," ujar Andi Rachman kepada wartawan.

R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru