riau24 Nilai Tukar Petani Provinsi Riau Naik 2,10 Persen | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Nilai Tukar Petani Provinsi Riau Naik 2,10 Persen

0
Berita Riau -  Nilai Tukar Petani Provinsi Riau Naik 2,10 Persen
Pekanbaru, Riau24.com- Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Riau mengalami kenaikan sebesar 2,10 persen dibanding NTP bulan Maret 2016. Kenaikan ini disebabkan oleh kenaikan indeks harga yang diterima petani sebesar 1,48 persen dan penurunan indeks harga yang dibayar petani sebesar 0,61 persen.
 
Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, Mawardi Arsyad mengatakan, dari lima subsektor penyusun NTP yakni tanaman pangan, hortikultura, tanaman perkebunan rakyat, peternakan dan perikanan, tiga diantaranya mengalami kenaikan indeks NTP dan mengakibatkan naiknya NTP di Riau.
 
"Tiga subsektor yang mengalami kenaikan ini adalah tanaman perkebunan rakyat sebesar 3,59 persen, subsektor peternakan sebesar 0,02 persen dan subsektor perikanan sebesar 1,31 persen," kata Mawardi.
 
Sementara itu, lanjutnya, dua subsektor penyusun NTP lainnya mengalami penurunan indeks NTP yakni subsektor tanaman pangan sebesar 0,19 persen dan subsektor tanaman hortikultura sebesar 0,10 persen.
 
NTP adalah perbandingan antara indeks harga yang diterima petani dengan indeks harga ang dibayar petani dan dinyatakan dalam persentase. 
 
"NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kesejahteraan petani dengan mengukur kemampuan tukar produk yang dihasilkan atau dijual petani dibandingkan dengan produk yang dibutuhkan petani baik untuk proses produksi maupun untuk konsumsi rumah tangga petani," ujar Mawardi.
 
Pada bulan April 2016, di daerah pedesaan Riau terjadi deflasi sebesar 0,58 persen. Deflasi pedesaan itu disebabkan oleh turunnya indeks pada beberapa kelompok pengeluaran konsumsi rumah tangga.
 
"Turunnya indeks pada beberapa kelompok pengeluaran konsumsi rumah tangga yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0,82 persen serta kelompok transportasi dan komunikasi sebesar 3,13 persen," pungkas Mawardi.

R24/uci 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru