riau24 Baznas Siak Bentuk Pilot Project UPZ Masjid dan Mushola | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Siak

Baznas Siak Bentuk Pilot Project UPZ Masjid dan Mushola

0
Berita Riau -  Baznas Siak Bentuk Pilot Project UPZ Masjid dan Mushola
Siak, Riau24.com - Wakil Bupati Siak selaku Ketua BAZNAS kabupaten siak gelar acara sosialisasi pembentukan UPZ Masjid atau Mushalla yang telah menjadi pilot project dari BAZNAS Kab. Siak di aula Kelurahan Siak Kampung Dalam.

Wabup dalam sambutannya mengatakan "Sebagai percobaan untuk pilot project tentang UPZ Masjid atau Mushalla kami memilih dua kecamatan dari Kab. Siak, yang kebetulan kami pilih adalah Kec. Siak dan Kec. Mempura, dari setiap Kecamatan yang terpilih, kami masih memilih acak empat dari Masjid atau Mushalla yang berpotensi besar penghasilan zakatnya berada di Kecamatan tersebut. Dan kami berharap dari Masjid atau Mushalla yang terpilih bisa memilih lima orang untuk menjadi pengurus dari Masjid atau Mushalla terpilih tersebut. Untuk kedepannya kami akan memberikan BIMTEK (Bimbingan Teknis) kepada setiap pengurus agar bisa mengoperasikan SIMBA (Sistem Manajemen Informasi BAZNAS). Karena sekarang BAZNAS Kab. Siak adalah sebagai contoh BAZNAS di Kabupaten lain di Provinsi Riau maupun di Indonesia".

Pesan Wabup untuk setiap muzaki yang membayar zakat agar memberi biodata yang lengkap seperti nomor pribadi muzaki ke BAZNAS agar data tersebut bisa teregister pada sistem tersebut serta ketika muzaki membayar zakat bisa mendapat pesan singkat atau pesan notifikasi dari BAZNAS yang berisikan do’a karena muzaki tersebut telah berzakat,” tegas Alfedri.

"Semoga dengan terbentuknya Pilot Project UPZ Masjid atau Mushalla ini potensi muzaki akan lebih bertambah, dan dana yang terkumpul bisa lebih banyak serta pasti akan lebih memaksimalkan ketika penyaluran kepada mustahik," harap Wabup.

Menurut Jon Samora,  Ketua pengumpulan BAZNAS Kab. Siak sekaligus Ketua Panitia sosialisasi pembentukan UPZ Masjid atau Mushalla mengatakan tujuan dari terbentuknya UPZ Masjid atau Mushalla ini adalah agar pengumpulan dana zakat lebih maksimal.

Pihaknya  akan terus berupaya mengali potensi-potensi dimana sumber-sumber dana zakat yang besar dari UPZ Masjid tersebut dan untuk penyaluran pun menjadi maksimal serta sampai langsung ke mustahiknya.

Sebelum bulan puasa lanjutnya, UPZ Masjid atau Mushalla ini akan segera terbentuk, dari setiap Masjid atau Mushalla yang terpilih diberharapkan bisa mengirim nama-nama sebanyak 6 peserta yang akan diberikan Bimbingan Teknis ke BAZNAS Kab. Siak tentang pengoperasikan SIMBA.

Kemudian  tentang prosedur-prosedur zakat dalam waktu dekat ini, jika ada dalam UPZ yang telah terpilih tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan, maka BAZNAS Kab. Siak akan mengklarifikasikan lagi dimana pokok terjadinya masalah tesebut, dan apabila masih terjadi juga kesalahan yang sama, seperti potensi muzaki didaerah Masjid tersebut sedikit, maka kami akan mengantikan dengan Masjid-Masjid lain yang berpotensi muzaki yang banyak”, tutup Jon Samora.


R24/dev/lin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru