riau24 Wabup Sukiman: Rohul, Satu-satunya Daerah di Riau Untuk Penugasan Tim Nusantara Sehat | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Rokan Hulu

Wabup Sukiman: Rohul, Satu-satunya Daerah di Riau Untuk Penugasan Tim Nusantara Sehat

0
Berita Riau -  Wabup Sukiman: Rohul, Satu-satunya Daerah di Riau Untuk Penugasan Tim Nusantara Sehat
Rohul, Riau24.com - Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman tanda datangani nota kesepahaman (MoU) tentang komitmen Progam Nusantara Sehat periode 2016-2018 dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Penandatangan Mou Progam Nusantara Sehat ini dilaksanakan pada Rabu (11/5/16), di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Pemerintah Kabupaten Rohul diwakili Wabup Rohul Sukiman dan pihak Kemenkes, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Jendral Kemenkes dr. Untung Suseno Sutardjo M.Kes.

Salah satu isi nota kesepahaman yakni tentang Penyelenggaraan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan berbasis Tim (Team Based) dalam mendukung program Nusantara Sehat Periode 2016-2018.

Menurut Untung Suseno Sutardjo, Program Nusantara Sehat adalah pendayagunaan secara Khusus Tenaga Kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan, serta daerah bermasalah kesehatan.

Dasar hukum program ini sendiri yakni Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 23 tahun 2015, tentang penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim (team Based) dalam mendukung program Nusantara Sehat.

Untung mengatakan tujuan dari Program Nusantara Sehat adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk menjangkau remote area, menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menangani masalah kesehatan sesuai kebutuhan daerah, meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas.

Kemudian, penggerakan pemberdayaan masyarakat, pelayanan terintegrasi serta peningkatan dan pemerataan pelayanan, hal ini bersinergi dengan fungsi Puskesmas sebagai pusat penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) tingkat pertama dan penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) tingkat pertama.

Rekrutment dan seleksi Tim Nusantara Sehat telah dilaksanakan Kemenkes RI di website resminya www.nusantarasehat.kemkes.go.id sejak Januari 2016 lalu untuk menjaring tenaga kesehatan yang berkualitas dan berkompeten, serta berminat untuk mengikuti
program Nusantara Sehat.

Pembekalan bagi tenaga kesehatan sendiri akan dilaksanakan selama 35 hari, dan saat ini sedang berlangsung di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) TNI AD di Jakarta yang akan berakhir pada 24 Mei 2016, Tim Nusantara Sehat ini diperkirakan akan mulai bertugas di awal Juni 2016.

Sementara itu, Wabup Rohul Sukiman mengatakan dari 46 kabupaten di 14 provinsi se-Indonesia, Kabupaten Rohul menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Riau yang dipercaya untuk penugasan Tim Nusantara Sehat.

Hal itu berdasarkan usulan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul ke Kemenkes RI beberapa bulan lalu, dan ditindaklanjuti dengan survey dan penilaian dilakukan oleh tim dari Kemenkes ke beberapa Puskesmas yang diusulkan, sesuai kriteria program Nusantara Sehat.

Lima Puskesmas yang diusulkan, yakni Puskesmas Rokan IV Koto II (dua), Puskesmas Tambusai Utara II (dua), Puskesmas Bonai Darussalam, Pendalian IV Koto dan Tandun II.

Namun, untuk penerapan Program Nusantara Sehat tahun 2016, hanya Puskesmas Rokan IV Koto II yang dipercayakan untuk menerima penugasan program pemerintah pusat ini.

"Kita harapkan, empat Puskesmas lain yang diusulkan segera bisa memperoleh kesempatan serupa dengan Puskesmas Rokan IV Koto dua ini," kata Wabup Sukiman.

Tim Nusantara Sehat yang akan ditugaskan ke Puskesmas Rokan IV Koto II terdiri dari lima petugas, yaitu 1 Dokter Gigi, 1 Petugas Kesehatan Lingkungan, 1 Petugas Gizi, 1 Tenaga Bidan, dan 1 Tenaga Analis.

"Kita mengharapkan Tim Nusantara Sehat ini mampu melaksanakan tugas sesuai profesinya masing-masing dalam Tim," harapnya.

Wabup Sukiman menambahkan, Pemkab Rohul, dalam hal ini Dinkes Rohul sendiri sudah menyediakan sarana dan prasarana seperti rumah tinggal untuk Tim Nusantara, yakni rumah dinas Puskesmas Rokan IV Koto II dengan ketersediaan air bersih dan transportasi.

Puskesmas Rokan IV Koto II juga sudah dilengkapi alat-alat medis esensial, serta obat obatan dasar di Puskesmas, sehingga dapat menunjang pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

Wabup Sukiman, mewakili Pemkab Rohul juga mengharapkan dukungan dari sektor non kesehatan lain dalam pelaksanaan program Nusantara Sehat, seperti Dinas Sosial, Disdukcapil, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, dan Dinas Pekerjaan Umum, dan instansi terkait lainnya.


R24/dev/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru