riau24 Harga Gula Naik 40 Persen, Irba: Ini Telah Melebihi Batas Toleransi Pemerintah | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Harga Gula Naik 40 Persen, Irba: Ini Telah Melebihi Batas Toleransi Pemerintah

0
Berita Riau -  Harga Gula Naik 40 Persen, Irba: Ini Telah Melebihi Batas Toleransi Pemerintah
Pekanbaru, Riau24.com- Jelang memasuki bulan Ramadhan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru saat ini tengah menginventarisasi jenis bahan baku apa saja yang mengalami kenaikan. Namun, sejak dua pekan melakukan pantauan, komoditi gula pasir ternyata mengalami kenaikan paling besar yakni 40 persen.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman bahwa kenaikan harga gula mencapai 40 persen ini telah melebihi batas toleransi pemerintah.
 
"Berdasarkan Peraturan Pengawasan dan Penyedia Kebutuhan Pokok serta Kebutuhan Dasar Masyarakat, kenaikan harga mencapai 40 persen itu tidak boleh. Harga normalnya gula itu 10 atau 11 ribu, tapi sekarang sudah 14 ribu. Sebenarnya, kalau kenaikannya sudah di atas 20 persen, pemerintah bisa melakukan intervensi," ungkap Irba kepada Riau24.com, Kamis (12/5/2016).
 
Irba menerangkan, Ia mendapat informasi dari Kementerian bahwa alat penggiling tebu untuk menjadi gula di Pulau Jawa sedang mengalami kerusakan. 
 
"Kita dapat informasi dari Kementerian bahwa di Jawa, gilingan tebu untuk bisa menjadi gula itu sedang rusak. Sementara di Sumatera, kita memasok gula dari Lampung dan ini tidak tercukupi. Jadi kita tetap mengandalkan pasokan dari Jawa. Makanya saat ini pasokan gula kita agak sulit," terangnya.
 
Irba menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir terhadap lonjakan harga gula pasir yang saat ini terjadi. "Masyarakat tidak perlu khawatir. Kami akan segera menghubungi pemerintah pusat untuk menyediakan kuota gula lebih banyak," tutup Irba.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru