riau24 Wako Buka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dumai

Wako Buka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar

0
Berita Riau -  Wako Buka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar
Dumai, Riau24.com - Walikota Dumai Drs Zulkifli As secara resmi membuka sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi Masyarakat terutama Pelajar yang ada di Kota Dumai pada Rabu sore (11/5) bertempat di Ball Room Hotel Comfort, Jalan Sudirman.

Pembukaan sosialisasi itu ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan siswa/siswi oleh Walikota Dumai dan disaksikan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Dumai Drs Muhammad Abduh serta perwakilan unsur Forkompimda.

" Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI," ujar Walikota Dumai dihadapan ratusan siswa yang menjadi peserta Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

Lanjut Zul As sapaan akrab Walikota Dumai, wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan. Perjuangan bangsa Indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan, sedangkan disisi lain kaum colonial terus menggunakan politik "divide et impera".

" Namun makna kebangsaan bukan hanya tertuju pada cara pandang terhadap negara kita, namun makna yang terdapat lebih dalam dari itu semua, wawasan kebangsaan juga dapat diartikan sebagai kesadaran bahwa perjuangan yang bersifat nasional, yakni perjuangan yang berlandaskan persatuan dan kesatuan dari seluruh bangsa Indonesia akan mempunyai kekuatan yang nyata dan kekuatan itu dapat dapat terus direalisasikan dengan sikap nasionalisme yang tinggi, " kata Zul As.

Menurut Walikota, sejarah merupakan pelajaran yang paling berharga dan takkan tergantikan, maka perjuangan kita bersama kedepannya adalah menyiapkan generasi - generasi penuh rasa cinta secara sadar terhadap bangsa ini.

" karena dengan wawasan kebangsaan maka kita akan memiliki rasa nasionalisme, rasa untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa ini. Sedangkan bagi generasi muda wawasan kebangsaan sangat penting, karena generasi muda dijadikan target dalam menjalankan pembangunan berkelanjutan, " tuturnya.

Sementara, Ketua Panitia Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar, Yuda Pratama menambahkan, pembangunan dibidang pendidikan, didasarkan atas falsafah negara Pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia - manusia pembangunan yang berPancasila dan untuk membentuk manusia Indonesia yang sehat Jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan kreatifitas dan tanggungjawab, dapat menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya serta mencintai sesama manusia.

"Maka pendidikan wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk kita semua. Terutama kepada para pelajar yang ditangannya masa depan bangsa ini. Besar harapan kita bersama, bahwa melalui sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan ini kita dapat membentuk generasi yang lebih baik dan kita pun dapat terus menumbuhkan rasa nasionalisme kita terhadap bangsa kita ini, " imbuh Yuda seraya berpesan kepada para peserta agar tetap fokus dan mengikuti acara dengan baik.


R24/dev/dik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru