riau24 Seluruh Siswa Lulusan SMA N 3 Semarang Tidak Lulus SNMPTN | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Nasional

Seluruh Siswa Lulusan SMA N 3 Semarang Tidak Lulus SNMPTN

0
SMA Negeri 3 Semarang
Berita Riau -  Seluruh Siswa Lulusan SMA N 3 Semarang Tidak Lulus SNMPTN
Semarang, Riau24.com - Sekolah favorit seperti SMAN 3 Semarang, Jawa Tengah harus menelan pil pahit. Pasalnya, sebanyak 380 pelajar lulusan favorit di Jawa Tengah ini, tidak ada satu pun yang lolos dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang melaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Ratusan orangtua murid lulusan SMA 3 Semarang pun menjadi resah, karena rasanya hal itu tidak mungkin dan belum pernah terjadi dalam sejarah SMA Negeri 3.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, yang peduli dengan masalah ini pun memerintahkan agar pihak terkait melakukan audit secepatnya guna mengetahui permasalahan ini.

"Saya minta Dinas Pendidikan Jawa Tengah dan Semarang segera melakukan audit untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya," kata Anies Baswedan di Yogyakarta, Kamis, 12 Mei 2016.

Menurut Anies, kegagalan 380 lulusan SMA 3 Semarang masuk PTN harus ada yang bertanggung jawab. Diharapkan pihak terkait di Jawa Tengah tidak lagi saling lepas tangan atau menyalahkan. Karena itu, perlu dilakukan audit untuk mengidentifikasi permasalahan.

"Audit itu merupakan bagian dari upaya untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab," ujar Anies.

Sebelum ada pernyataan pers dari SMA Negeri 3 Semarang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah melakukan audit awal.

"Dari 50 sekolah yang menggunakan SKS di Indonesia atau dari tujuh sekolah di Jawa Tengah, yang bermasalah hanya SMA Negeri 3 Semarang," katanya.

Artinya, lanjut Anies, 49 sekolah lain bisa melakukan input dengan baik. Karena itu, menurut Anies, perlu diaudit untuk mengetahui kebenarannya. Terlebih lagi, input data itu menggunakan komputer.

Anis berharap, secepatnya masalah ini bisa ditemui titik terang mengingat hal ini menyangkut masa depan pendidikan generasi penerus bangsa.


R24/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru