riau24 Biaya Haji 2016 Berdasarkan Rupiah | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Rokan Hulu

Biaya Haji 2016 Berdasarkan Rupiah

0
Berita Riau -  Biaya Haji 2016 Berdasarkan Rupiah
Rohul, Riau24.com – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) musim Haji 1437 H/2016 M tahun ini, ditetapkan berdasarkan Rupiah, bukan berdasarkan Dollar sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.
 
Hal ini berdampak pada pembayaran yang sama bagi semua Jamaah Calon Haji (JCH) selama waktu pembayaran. Berbeda dengan pembayaran berdasarkan dollar, dimana perbedaan hari dan bahkan jam pembayaran, maka biaya pembayaran tidak sama, sangat tergantung pada harga dollar saat itu.
 
Dikatakannya, berdasarkan hasil pembahasan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin (LHS) bersama Komisi VIII DPR RI yang membidangi masalah haji, dibawah pimpinan Saleh Partaonan Daulay, disepakati bahwa BPIH tahun ini sebesar USD 2.575 (Rp 34.641.304) dengan asumsi dollar di posisi Rp 13.400. Hal ini turun sebesar USD 132 (Rp 1.768.800), sebab tahun lalu BPIH sebesar USD 2.717 (Rp 36.407.800).
 
Dengan ditetapkannya BPIH ini, maka sekarang tinggal menunggu penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, untuk selanjutnya diatur oleh Menteri Agama tentang masa waktu pelunasan. Kedua hal ini diharapkan selesai paling lambat pertengahan bulan Mei ini, selanjutnya dapat melakukan pelunasan.
 
Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Prov Riau ini mengharapkan agar para JCH yang sekarang sedang melaksanakan manasik haji pada tingkat kecamatan, agar bersiap-siap untuk melakukan pelunasan.
 
Tempat pembayaran pelunasan adalah di bank tempat pendaftaran haji dulu, atau bank-bank syariah yang telah ditunjuk, sebab sekarang ini tempat pendaftaran dan bahkan pelunasan BPIH adalah di bank-bank syariah. Jika waktu mendaftar di bank konvensional, maka pelunasan dialihkan ke bank syariah.


R24/dev/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru