riau24 Hasil Survei : Ahok Berada di Urutan Teratas Calon Gubernur DKI | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Nasional

Hasil Survei : Ahok Berada di Urutan Teratas Calon Gubernur DKI

0
Berita Riau -  Hasil Survei : Ahok Berada di Urutan Teratas Calon Gubernur DKI
Jakarta, Riau24.com - Untuk mengetahui siapa calon gubernur yang berpotensi pada Pilkada DKI Jakarta 2017, Media Survei Nasional (Median) telah melakukan sebuah sebuah survei.

Hasil survei dengan angka psikologis di atas 70 persen, tingkat popularitas bakal calon Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, masih mendominasi urutan pertama disusul bakal calon lain, Yusril Ihza Mahendra.

"Secara umum para penantang Ahok masih memiliki pekerjaan rumah untuk meningkatkan popularitas hingga di atas 75 persen, untuk mampu bersaing dengan Ahok," kata Direktur Riset Median Sudarto saat merilis hasil survei di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat 13 Mei 2016.

Dilihat dari elektabilitas calon gubernur mendatang, Ahok pun masih memimpin di angka 38 persen. Posisi itu jauh di atas Yusril Ihza Mahendra yang hanya 12,8 persen, Sandiaga Uno 8,8 persen, Adyaksa Dault 7,6 persen, dan Tri Rismaharini 6 persen.

"Namun, jika pemilihan gubernur hanya memiliki dua calon saja, lawan Ahok bisa meningkat hingga tiga kali lipat. Sedangkan persentase suara bagi Ahok tetap. Artinya, masih banyak yang tidak ingin Ahok menjadi gubernur lagi," ujar Sudarto.

Sementara, terkait elektabilitas 10 partai politik di Pilkada DKI Jakarta, PDIP masih dipercaya masyarakat dengan perolehan 25,6 persen disusul Gerindra 17,2 persen, dan Partai Demokrat 7,4 persen.

Survei ini juga melihat perolehan elektabilitas partai-partai lainnya. Golkar 6,8 persen, Nasdem 5 persen, PKB 4,8 persen, PKS dan Hanura masing-masing 4,6 persen.

Survei bakal calon gubernur DKI terkuat ini dilakukan dalam jangka waktu 20 April hingga 4 Mei 2016, menggunakan metode multistage random sampling dengan sampel 500 responden warga DKI Jakarta. Sedangkan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 4,5 persen.

Survei ini juga melihat perolehan elektabilitas partai-partai lainnya. Golkar 6,8 persen, Nasdem 5 persen, PKB 4,8 persen, PKS dan Hanura masing-masing 4,6 persen.

"Ada dua partai politik yang masih memiliki dukungan dan soliditas konstituen paling kuat di DKI. Yakni, PDIP dan Gerindra. Jika PDIP dan Gerindra bergabung, bukan tidak mungkin kekuatan melawan Ahok akan semakin besar," Sudarto menandaskan.


R24/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru