riau24 Pipa Gas PT CPI Meledak Dan Menyebabkan Kebakaran Hebat | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Duri

Pipa Gas PT CPI Meledak Dan Menyebabkan Kebakaran Hebat

0
Berita Riau -  Pipa Gas PT CPI Meledak Dan Menyebabkan Kebakaran Hebat
Duri, Riau24.com - Minggu (15/05) dinihari tadi, pipa gas PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang terletak di pinggir jalan lintas Pekanbaru-Duri, tepatnya di Km 100 Simpang Intan Desa Tengganau Kecamatan Pinggir meledak dan terbakar.

Satu unit truk B 9488 GG bermuatan fiber sawit terbakar setelah menabrak pipa gas berdiameter 12 inci tersebut. Meskipun tidak memakan korban jiwa, tapi satu rumah penduduk yakni rumah Dimas Yuli (45) yang berjarak sekitar 20 meter dari titik ledakan pipa, ludes dilalap api.

Kapolsek Pinggir Kompol Raden Edi Saputra, yang dikonfirmasi mengatakan kejadian meledaknya pipa itu sekitar pukul 04.30 WIB  lantaran truk kehilangan tenaga saat mendaki tanjakan. Truk yang meluncur mundur menabrak pipa gas hingga terjadi kebocoran yang kemudai memantik kobaran api. Mengetahui akan terjadi ledakan, sopir dan kernet truk lari menyelamatkan diri dan truk yang mereka kendarai hangus terbakar.

Satu keluarga yang terdiri dari suami-istri dan dua anak yang saat itu tertidur lelap di rumahnya yang berjarak hanya sekitar 20 meter dari pipa gas yang tertabrak, hampir menjadi korban. Untungnya Dimas Yuli (45) yang dikagetkan bunyi ledakan keras segera terbangun. Dan begitu keluar rumah, ternyata rumah mereka sudah dilalap api.
Dimas Yuli bersama suami serta dua anaknya langsung menyingkir menjauhi rumahnya yang sudah terbakar, tanpa menghiraukan harta benda yang mereka punya.

Sekitar pukul 05.40 WIB, empat unit mobil pemadam kebakaran CPI tiba di lokasi untuk memadamkan api. Sekitar pukul 08.15 WIB, api berhasil dipadamkan. Namun arus lalu lintas sempat macet selama beberapa jam.

Menurut Raden Edi, selepas tim CPI menyatakan keadaan aman, petugas Polsek Pinggir bersama Sat Lantas Polres Bengkalis pun menerapkan sistem buka-tutup untuk mengurai kemacetan panjang.

Sementara itu dari pihak perusahaan membenarkan terjadi ledakan dari pipa gas akibat ditabrak truk.
“Sekitar pukul 05.00 WIB terjadi kecelakaan. Sebuah truk menabrak pipa gas berukuran 12 inci di wilayah operasi PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI). Lokasi kejadian di Simpang Intan, Desa Tengganau Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, sekitar 100 KM sebelah Utara Kota Pekanbaru. Sekitar pukul 08.00 WIB pagi, api di lokasi kejadian berhasil dipadamkan,” kata Manager Komunikasi Chevron, Prasasti Asandhimitra melalui siaran persnya

 Disebutkan Prasasti, setelah berhasil menjinakkan api, tim PT CPI langsung pula fokus pada upaya perbaikan pipa, pembersihan lokasi, dan penanganan masyarakat yang terkena dampak kejadian tersebut.


R24/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru