riau24 Gemasadhana Provinsi Riau Taja Baksos di Candi Muara Takus | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Gemasadhana Provinsi Riau Taja Baksos di Candi Muara Takus

1
Berita Riau -  Gemasadhana Provinsi Riau Taja Baksos di Candi Muara Takus
 
Kampar, Riau24.com - Sebanyak 25 personil, baik jajaran pengurus dan anggota Gemasadhana Riau, dilakukan kegiatan gotong royong (Goro) atau bakti sosial (Baksos) berlokasi Candi Muara Takus. Ini kegiatan pertama kali dilakukanya umat Buddha Riau.
 
Demikian ungkap Siswaja Muljadi kepada wartawan. Dikatakannya, kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan, hari Ahad kemarin.
Awalnya, digelar kegiatan Baksos tercetus waktu mengantarkannya rombongan RAPIMNAS MBI saat jalan jalan ke Candi Muara Takus pada sebulan yang lalu.
 
"Kami prihatin. Dan merasa perlu melakukan sesuatu, setelah kami mengunjungi Candi Muara Takus tersebut. Ada sampah, tetapi mau dibuang tidak tersedia tempatnya. Akhirnya, Gemasadhana Riau ini membuat kegiatan Baksos, yang bertempat di Candi Muaea Takus tersebut," kata Siswaja.
 
Siswaja yang merupakan anggota DPRD Riau, dari Politisi Gerindra ini mengatakan, apalagi bulan ini juga bulan waisak. Nanti, tanggal 29 Mei 2016 akan ada kegiatanya Dharmayatra atau lebih dikenal ini perayaan waisak. Dijadwalkannya Umat Buddha Pekanbaru akan ke Candi Muara Takus.
 
"Kegiatan ini masuk rangkaiannya agenda peringatanya dari Waisak Umat Buddha Pekanbaru. Antara lain ada donor darah, pengobatan gratis, goro lokasi taman makam pahlawan, ritual waisak, dan juga bazar vegetarian, bazar umum," ujarnya. Kegiatan kemarin dimula
dengan doa bersama.
 
Siswaja yang satu-satunya priode ini, berasal dari etnis Tionghoa di DPRD Riau, mengatakan, agenda Baksos di Candi Muara Takus, itu ada penyerahan sebanyak 10 unit tong sampah hasil daur ulang dari ban bekas. Tong sampah diserah kepada pengurus Candi Dari Balai Pelestarian Cagar Budaya.
 
"Baksos ditaja seperti dilakukanya pemotongan rumput, pengutipan sampah. Kondisi ini menggambar masyarakàt masih sangat rendah untuk menjaga kebersihan. Kami, mengharapkan dari kesadaranya masyarakàt kedepan bisa makin baik. Anggap berada dilingkungan rumah sendiri," tuturnya.
 
Dikatakanya, marilah sama-sama menjaga lingkungan Candi Muara Takus yang asri dan bersih. Situs sejarah peninggalan dari kerajaan Sriwijaya itu, yang jadi ikon wisata utama di Provinsi Riau. Apalagi itu jalan menuju lokasi candi tersebut sudah dilakukan perbaikan. Tentu pendukungnya wisata.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Siukun
Senin, 16 Mei 2016 15:37 wib
semoga selanjutnya gema sadhana riau bisa berbuat lebih byk lagi kegiatan bakti sosial di candi muara takus dan ditempat" lain.
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru