riau24 Sabtu, PWI Dumai Gelar Festival Layang-Layang | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dumai

Sabtu, PWI Dumai Gelar Festival Layang-Layang

0
Berita Riau -  Sabtu, PWI Dumai Gelar Festival Layang-Layang
Dumai, Riau24.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Dumai bekerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai akan menggelar Dumai Kite Festival 2016 yaitu Festival Layang-layang Waw Tradisional pada Sabtu (21/5) dilapangan Ro-Ro Purnama Kecamatan Dumai Barat.‎

“ Dumai Kite Festival 2016 dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2016 dan Hari Jadi Kota Dumai ke-17,” ujar Ketua PWI Kota Dumai, Kambali didampingi Ketua Pelaksana Dumai Kite Festival 2016 Kaharuddin, Senin (16/5).

Jika tidak ada kendala, Festival layang-layang akan dibuka langsung Walikota Dumai, Drs. H. Zulkifli AS, M.Si didampingi GM Pelindo I Cabang Dumai, M. Junaidi sekitar Pukul 09.00 WIB dilapangan Ro-Ro.

Festival layang-layang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis. Ini sebagai salah satu langkah PWI Kota Dumai mengajak masyarakat agar kembali bisa menggali permainan tradisional yang di dalamnya sarat dengan makna filosofis.

Untuk penilaian, akan ada empat kategori yang akan dilombakan. Pertama adalah kategori tegak tali, kedua bunyi (dengung), ketiga lenggok dan yang keempat motif. Penilaian dilakukan dewan juri dari Sanggar Layang Purnama, melalui penilaian itu akan kita pilih Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II dan Harapan III.

“ Para juara akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan jutaan rupiah, piala dan sertifikat,” sebut Kaharuddin.

Terakhir Kaharuddin berharap kegiatan Festival layang-layang mendapat dukungan dari semua pihak terutama Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Dumai dalam rangka melestarikan permainan tradisional yang ada di Riau dan Dumai khususnya.

Festival layang-layang akan diikuti ratusan peserta dengan layang-layang waw tradisional dengan panjang bentangan minimal satu meter, layangan tesebut akan dibentuk dan dihias beragam corak budaya khas Melayu.


R24/dev/dik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru