riau24 Perhatikan IKM, Disperindag Pekanbaru Launching Klinik Konsultasi Industri Kecil Menengah | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Perhatikan IKM, Disperindag Pekanbaru Launching Klinik Konsultasi Industri Kecil Menengah

0
Berita Riau -  Perhatikan IKM, Disperindag Pekanbaru Launching Klinik Konsultasi Industri Kecil Menengah
Pekanbaru, Riau24.com- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru hari ini launching Klinik Konsultasi Industri Kecil Menengah (K2IKM) Kota Pekanbaru. Klinik ini diberikan secara gratis sebagai pelayanan pendamping terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) di Pekanbaru.
 
K2IKM ini dilaunching berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Azwan. Dikatakan Azwan melalui Sekretarisnya, Hendra,, klinik tersebut berfungsi agar pelaku IKM memiliki standarisasi atas produk yang diproduksi.
 
Pertimbangan terhadap hadirnya klinik ini adalah karena kini dinilai masih banyak IKM yang memiliki keterbatasan dalam kemandirian manajemen kelembagaan serta kemandirian manajemen pengembangan usaha.   
 
"Kehadiran klinik ini Alhamdulillah mendapat respon positif. Itu terbukti dari banyaknya pelaku usaha IKM yang dayang meminta pendampingan dengan ragam persoalan dan kita sangat terbuka melakukan pendampingan," ujarnya, Selasa (17/5/2016).
 
Dijelaskannya secara rinci, klinik ini bertugas untuk mengembangkan kerjasama dengan instansi atau lembaga terkait pelayanan yang dibutuhkan para pelaku usaha IKM seperti menyangkut Hak Kekayaan Intelektual, ISO dan SNI, kemasan produk, legalitas usaha, pemasaran produk, bimbingan proposal, manajemen produksi dan manajemen keuangan.
 
"Petugas klinik juga melakukan fasilitas bimbingan dan pendaftaran bagi produk IKM termasuk memberikan pelayanan konsultasi dan advokasi dalam rangka membantu menyelesaikan kasus yang menyangkut produk IKM dan lain sebagainya," jelasnya.
 
Diharapkan dengan adanya klinik ini, pelaku IKM dapat bersaing di pasaran khususnya dalam menghadapi MEA nantinya. "Mereka para pelaku IKM akan didampingi para fungsional yang bersertifikasi dari Departemen Perindustrian. Berbagai persoalan yang dihadapi, akan dibantu mencari jalan keluar," pungkasnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru