riau24 Dhandy: Sumber Anonim Sebaiknya Bukan Untuk Dikutip | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dhandy: Sumber Anonim Sebaiknya Bukan Untuk Dikutip

0
Berita Riau -  Dhandy: Sumber Anonim Sebaiknya Bukan Untuk Dikutip
Pekanbaru, Riau24.com- Praktisi jurnalis, Dhandy Dwi Laksono mengatakan, sumber anonim atau sumber yang tak bersedia disebutkan identitasnya dalam pemberitaan sebaiknya keterangan yang diberikannya bukan untuk dikutip.
 
"Sumber anonim merupakan seseorang yang memberikan bahan otentik sebagai pemberi informasi. Dia ini bisa sebagai pengumpan informasi dan dapat juga dijadikan mentor serta konsultan Anda dalam menulis berita investigasi," ungkap Dhandy.
 
Secara rinci Dhandy menerangkan sumber anonim ini merupakan mereka yang berada dalam lingkaran pertama pada peristiwa berita. "Dia terlibat, melihat sendiri atau berada di tengah-tengah peristiwa, kejadian atau persoalan yang akan diliput," terangnya.
 
Lalu, sumber anonim yang boleh disembunyikan identitasnya adalah jika berita yang akan dipublikasikan nantinya dapat mengancam keselamatan narasumber. "Boleh disembunyikan kalau keselamatan narasumber tersebut benar-benar terancam keselamatannya jika identitasnya dibuka. Keselamatan itu meliputi diri dan keluarga," urainya.
 
Sumber anonim, lanjut Dhandy, harus memiliki motivasi murni untuk kepentingan publik ketika hendak memberi informasi. Tak hanya itu, integritas sumber anonim juga harus diperhatikan oleh jurnalis. "Orang yang memiliki catatan pernah berbohong tidak bisa dipakai sebagai sumber anonim," imbuhnya.
 
Selanjutnya, penggunaan sumber anonim disebut Dhandy harus seizin atasan yang dalam hal ini adalah editor, redaktur, produser atau minimal tim jurnalis investigasi agar mekanisme pertanggung jawaban peliputan tersebut jelas.
 
Dhandy menuturkan, keterangan dari sumber anonim harus disukung oleh minimal dua sumber lainnya yang tidak saling berhubungan. Hal tersebut dilakukan untuk menguji kualitas informasi sumber tersebut dan membandingkannya dengan sumber lain.
 
Terakhir, sebut Dhandy, harus ada perjanjian dengan sumber anonim terkait kebenaran informasi yang disampaikannya. "Harus ada perjanjian kesepakatan antara jurnalis dengan sumber anonim bahwa kerahasiaan identitas bisa batal kalau belakangan terbukti informasi yang disampaikannya ternyata bohong," tutupnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru