riau24 Pemindahan Berkas Penyidikan Suparman dan Johar Firdaus Dapat Dilakukan | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pemindahan Berkas Penyidikan Suparman dan Johar Firdaus Dapat Dilakukan

1
Berita Riau -  Pemindahan Berkas Penyidikan Suparman dan Johar Firdaus Dapat Dilakukan
Pekanbaru, Riau24.com- Tersangka kasus suap APBD Provinsi Riau 2014-2015 yang menyeret nama Bupati Rokan Hulu, Suparman dan Mantan Ketua DPRD Riau, Johar Firdaus hingga kini masih ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Suparman yang sempat meminta pelimpahan berkasnya penyidikan dari Jakarta ke Riau, ditanggapi biasa saja oleh KPK.
 
Kepala Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Priharsa Nugraha mengatakan pelimpahan berkas penyidikan kedua tersangka tersebut tergantung pada keputusan jaksa penuntut umum.
 
"Untuk pelimpahan berkas penyidikan itu kewenangannya ada pada jaksa penuntut umum. Jadi nanti setelah berkas dilimpahkan ke tahap dua, maka jaksa penuntut umum yang akan memutuskan apakah berkasnya akan dilimpahkan ke pengadilan di Pekanbaru atau tetap di Jakarta," ungkap Priharsa.
 
Dikatakannya, pemindahan berkas tersebut bisa dilakukan asal disebabkan oleh hal-hal yang jelas. "Minta pindah itu bisa. KPK juga pernah melakukannya beberapa kali, dan ini karena ada alasan yang jelas seperti keamanan dan lain-lain," katanya.
 
Minggu lalu, sambung Priharsa, kedua tersangka tersebut sudah melakukan pemeriksaan di Jakarta. Keduanya akan kembali dipanggil setelah dilakukan kegiatan penyidikan lain yakni memperoleh informasi dari para saksi.
 
"Keduanya sudah dilakukan pemeriksaan minggu lalu. Suparman hari Selasa dan Johar hari Kamis. Nanti keduanya akan kita panggil lagi setelah kita melakukan kegiatan penyidikan yang lain seperti mendapatkan informasi dari saksi-saksi maupun mendapat petunjuk yang lain," terangnya.
 
Sementara itu beberapa hari lalu, Suparman dan Johar menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka dalam kasus suap APBD Riau yang sebelumnya menyeret nama mantan anggota DPRD Riau, Ahmad Kirjuhari dan mantan Gubernur Riau, Anas Maamun.
 
Dalam pemeriksaan tersebut, Suparman meminta kepada KPK agar melimpahkan berkas pemeriksaannya di Riau untuk mempermudahnya menjalani pemeriksaan.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Abdul muas muara ngamu
Jumat, 20 Mei 2016 10:37 wib
Mudahan bapak sabar dan tabah...!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru