riau24 Sanggar Melayu Riau Eksis di Kota Gudeg | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Sanggar Melayu Riau Eksis di Kota Gudeg

0
Berita Riau -  Sanggar Melayu Riau Eksis di Kota Gudeg
Yogyakarta, Riau24.com- Mengangkat seni budaya daerah, dapat dilakukan oleh semua orang. Bidaya sebagai jati diri menjadikan sesorang paham dan mengenal jati diri nenek moyangnya, hal inilah yang dilakukan oleh Mahasiswa di Kota Pelajar Yogyakarta.
 
Saat berbincang bersama Bambang Priyanto, salah satu pelestari budaya yang berada di Yogyakarta, ia bercerita pentingnya kebudayaan Melayu, karena pada dasarnya bangsa indonesia tidak bisa luput dari budaya Melayu dan bahasanya. 
 
“Bahasa Indonesia kita tidak luput dari Melayu, budaya Melayu budaya terbesar di Indonesia, hampir seluruh Sumatera itu Melayu, Jambi, Palembang, Bangka Belitung, Riau, Kepri, Medan , Aceh dan lain sebagainya,” tutur Bambang membanggakan sanggarnya yang semakin eksis di Kota Gudeg saat santai bersama di Pekanbaru.
 
Sebagai mahasiswa asli Riau yang berada di perantauan, Bambang bersama 40 anggota lain yang berasal dari Indragiri Hilir, Indargiri Hulu, Rohil, Siak, Pelalawan, Bangkinang dan Kota Pekanbaru, saat ini sedang menempuh pendidikan di kota Pelajar. Mereka menunjukkan budaya Melayu adalah budaya milik Indonesia. Semua pantas dinikmati, di manapun itu, termasuk Pulau Jawa.
 
Dalam aktivitasnya, Sanggar Melayu Sultan Syarif Qasim berusaha merangkul seluruh lapisan masyarakat dan pelajar yang ada di Yogyakarta untuk menjadi bagian dalam proses kreativitasnya. Termasuk ikut serta dalam sebuah acara seni dalam peringatan Hari Tari Sedunia “Word Dance Day” di Tanah Kelahiran Joko Widodo Presiden Republik Indonesia, Solo beberapa waktu lalu. 
 
“Kita ikut juga  nampil di setiap acara seni dan termasuk kemarin pada acara Word Dance Day di Solo yang banyak di isi oleh seniman luar negeri dan disitu kami tampil dengan mengusung tema Melayu,” sebutnya.
 
“Meskipun baru dirintis, hasilnya banyak sekali peminat budaya Melayu di Jogja dengan di buktikan banyaknya kegiatan-kegiatan yang melibatkan tarian dan musik Melayu yang di bawa oleh putra-putri Riau, khususnya Sanggar Melayu Sultan Syarif Qasim,” tutupnya.
 
Atas motivasinya mengenalkan budaya melayu di manapun ia berada, Bambang bersama pecinta budaya melayu berharap Melayu selalu eksis serta dapat menanamkan jiwa "Patah tumbuh hilang berganti".
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru