riau24 Seorang Nenek Penderita Tumor Mata Belum Disetujui Mendapatkan BPJS Kesehatan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Nasional

Seorang Nenek Penderita Tumor Mata Belum Disetujui Mendapatkan BPJS Kesehatan

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Seorang Nenek Penderita Tumor Mata Belum Disetujui Mendapatkan BPJS Kesehatan
Kediri, Riau24.com - Kegunaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tampaknya tidak bisa dirasakan oleh seorang nenek yang terkena tumor ganas.

Siti Kalimah (70) warga Dusun Sembak, Desa Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hingga kini belum mendapat jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, padahal nenek tersebut menderita tumor di bagian matanya.

Erna, salah seorang tetangga mengatakan sudah sekitar tiga bulan terakhir kondisi nenek Siti menjadi lebih parah dari yang sebelumnya, apalagi selama ini nenek Siti hanya tinggal seorang diri.
Nenek Siti menempati rumah tidak layak huni selama 10 tahun belakangan ini. Gubuk itu didirikan diatas kebun tetangga yang prihatin dengan kondisi nenek Siti.
Gubuk berukuran sekitar 5x4 meter memiliki ventilasi yang sangat kurang. Fasilitas di gubuk tersebut pun sangat minim, karena hanya ada sebuah tempat tidur yang sudah renyot.

"Kalau sakitnya sudah lama, tapi kondisinya parah akhir-akhir ini. Nenek itu juga belum dapat BPJS," katanya ditemui di lokasi rumahnya, Minggu (22/05/2016).

Ia mengatakan sebenarnya para tetangga sudah berupaya untuk mendaftarkan nenek tersebut agar mendapatkan jaminan kesehatan, namun hingga kini ternyata namanya belum masuk. Padahal, ia sangat layak mendapatkan jaminan kesehatan berupa BPJS Kesehatan.

Erna mengatakan, selama ini, nenek tersebut untuk kebutuhan makan mengandalkan bantuan dari para tetangga. Ia pun juga sering membuatkan makan untuk nenek tersebut.

"Untuk jalan sebenarnya nenek itu bisa, tapi karena beliau sakit untuk kebutuhan sehari-hari dibantu tetangga," katanya.

Menurut Erna para tetangga sangat tidak tega melihat kondisinya. Matanya sudah membengkak, bahkan hampir menutupi sebagian wajahnya. Para tetangga juga berupaya untuk mengajak nenek itu berobat, sang nenek selalu menolak dengan alasan tidak ingin merepotkan orang lain. Namun Erna mengakui untuk alasan pasti si nenek diajak berobat ia tidak tahu.

Sebenarnya nenek Siti mempunyai keluarga yang ada di dusun seberang, namun mereka sepertinya sudah tidak mau tahu kondisi nenek Siti. Bahkan keluarganya tidak pernah menjengkuk nenek Siti.

Sementara itu, Nurhadi Mukodim, salah seorang perangkat di desa itu mengatakan sebenarnya perangkat sudah berupaya untuk memasukkan nama Nenek Siti ke daftar penerima jaminan kesehatan, namun hingga kini belum disetujui.

"Sudah seringkali mengajukan, bahkan setiap tahun ada verifikasi, namanya juga kami masukkan lagi, tapi hingga kini belum dapat BPJS," kata Nurhadi.



R24/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru