riau24 Saudi Bangun Jalan Blok 206 Untuk Cegah Insiden Terowongan Mina | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Internasional

Saudi Bangun Jalan Blok 206 Untuk Cegah Insiden Terowongan Mina

0
Berita Riau -  Saudi Bangun Jalan Blok 206 Untuk Cegah Insiden Terowongan Mina
Jakarta, Riau24.com - Otoritas Proyek Pembangunan Mekah dan Situs Suci membangun jalur langsung menuju areal Jamarat pada Jalan Blok 206. Pada tahun lalu, jalan ini menjadi lokasi insiden yang menewaskan ribuan jemaah haji akibat bertubrukan.

Harian berbahasa Arab, Makkah melaporkan, mengutip sumber dari otoritas tersebut, jemaah yang menggunakan jalan ini tidak lagi harus bertemu dengan sejumlah persimpangan jalan. Mereka bisa langsung menuju areal jamarat melalui jalan layang yang saat ini tengah dibangun.

Proyek pembangunan jalan langsung ini diperkirakan akan selesai pada 1 Zulhijah 1437 Hijriah. Dalam perhitungan Masehi, proyek diperkirakan selesai pada 2 September 2016.

Jalan ini sebelumnya hanya diperuntukkan bagi jemaah haji pejalan kaki yang hendak ke areal jamarat untuk melempat jumrah. Ujung jalan tersebut merupakan pertigaan yang hanya memungkinkan bagi jemaah berbelok ke arah kiri atau kanan.

Usai berbelok, jemaah yang menuju areal jamarat akan bertemu dengan arus jemaah keluar areal tersebut yang telah melaksanakan pelontaran jumrah. Akibat arus jemaah yang begitu besar dan tidak lagi ada jalan alternatif, jemaah dari kedua arah bertabrakan hingga banyak yang meninggal pada tahun lalu.

Otoritas pembangunan juga akan membongkar seluruh tenda yang menghalangi jalan. Tenda-tenda tersebut akan dipindah, menyusul dipindahnya kantor pemerintah dari kawasan tenda ke areal yang letaknya sedikit menjauh.

Sementara itu, pembangunan Kota Mekah diperkirakan akan segera selesai sebelum musim haji. Nantinya, otoritas perluasan Masjidil Haram akan mengaktifkan sekitar 27 pusat layanan yang terbagi sebanyak 22 unit di Mina, tiga unit di Muzdalifah, dan dua unit di Arafah.

Pusat layanan ini akan bekerja mengawasi kebersihan dan kesehatan lingkungan serta memastikan keamanan makanan bagi para jemaah. Mereka juga akan memantau pergerakan jemaah dari dan menuju tenda bermukim.

Di sisi lain, temperatur di Mina akan diturunkan dari 33 derajat Celsius menjadi 21 derajat Celsius sepanjang musim haji tahun ini. Untuk program ini, otoritas pelayanan akan menggunakan mesin AC tipe baru yang dikembangkan oleh perusahaan asal Australia.


R24/dev/dre
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru