riau24 Toni Warga Jalan Siak Juara I Festival Layang Waw Traditional 2016 | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Dumai

Toni Warga Jalan Siak Juara I Festival Layang Waw Traditional 2016

0
Berita Riau -  Toni Warga Jalan Siak Juara I Festival Layang Waw Traditional 2016
Dumai, Riau24.com – Toni, warga Jalan Siak Kecamatan Dumai Barat berhasil meraih nilai tertinggi dan berhak mendapat gelar Juara I pada lomba Festival Layang Waw Tradisional yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Dumai bekerjasama dengan PT Pelindo I Cabang Dumai pada Sabtu (21/5) akhir pekan kemarin di lapangan Ro-Ro Purnama.

Toni berhasil mengumpulkan nilai sebanyak 209 poin dari nilai variasi, dengung, lenggok dan tegak tali. Juara dua diraih Mamun warga Jalan Nelayan Laut dengan perolehan nilai 207 poin, dan diposisi ketiga Amat dengan total nilai 203 poin.

Harapan I ada Pak Awal warga Jalan Nelayan Laut total nilai 202, Harapan II Al Fadli warga Jalan Teladan dengan nilai 201 poin dan diharapan III ada Satrya warga Jalan Sri Andalas yang berhasil mengumpulkan 201 poin.

Hadiah diserahkan langsung oleh GM PT Pelindo I Cabang Dumai, M. Junaidi diwakili Deputi Pelindo I Cabang Dumai, Sihar Sihite didampingi Ketua PWI Dumai, Kambali, Ketua Panitia Festival Layang-Layang, Kaharuddin serta pengurus PWI kota Dumai lainnya.

Penilaian dilakukan oleh dewan juri dari Sanggar Layang Purnama selaku Event Organizer (EO) Festival Layang-Layang 2016 dibawah pimpinan Amronsah.

“ Penilaian meliputi pariasi, dengung, lenggok dan tegak tali,” ujar Kambali Ketua PWI Dumai didampingi Ketua Sanggar Layang Purnama Amronsah, Senin (23/5) siang kemarin.

Lanjutnya, Juara I mendapat hadiah uang tunai Rp 1,5 juta, Juara II Rp 1,250 Juta, Juara III Rp 1 Juta, Harapan I, II dan Harapan III masing-masing mendapat uang tunai Rp 500 Ribu. Selain mendapat uang tunai, masing-masing juara diberi tropi dan sertifikat.

Pada ajang festival layang-layang waw tradisional 2016 panitia juga menyerahkan hadiah kepada 3 peserta pemilik layang-layang dengan variasi terbaik. Hadiah tersebut diserahkan kepada Mancung warga Jalan Bukit Datuk, Zaki warga Jaya Mukti, dan Arianto warga Jalan Cuk Nyak Dien Kota Dumai.

Sementara, Jawara Festival layang-layang 2016, Toni mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan Festival layang-layang.
“ Saya mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan Festival Layang-Layang 2016,” ujarnya.

Kegiatan ini sangat positif, Ia menilai PWI dan Pelindo Dumai sangat peduli dengan permainan rakyat. Dan Toni berharap tahun depan dapat diselenggarakan kembali untuk melestarikan permainan tradisional salah satunya layang-layang.

“ Kalau bukan kita siapa lagi yang akan mewarisi permainan tradisional, dan kita punya kewajiban untuk melestarikan permainan tradisional agar tidak luntur dimakan zaman. Saya yakin tahun depan peserta akan bertambah banyak. Pasalnya banyak warga Dumai yang hobil main layang-layang belum lagi warga dari luar daerah seperti Bengkalis. Hadiah yang disediakan panitia juga sangat menarik. Dan kami sangat berterimakasih karena ini kegiatan positif,” tuturnya.

Deputi PT Pelindo I Cabang Dumai, Sihar Sihite mewakili GM Pelindo didampingi Ketua PWI Dumai, Kambali saat menutup Festival layang-layang mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta Festival layang-layang yang telah ikut dan mensukseskan kegiatan tersebut.

“ Jika diberi kesempatan lagi, kita akan kembali mengadakan festival layang-layang 2017, jika tahun ini tingkat Kota Dumai tahun depan kita rencakan untuk melaksanakan festival layang-layang tingkat Riau. Untuk itu butuh dukungan dan kerjasama semua pihak agar apa yang kami rencakan dapat berjalan dengan baik,” kata Sihar Sihite.

Menurutnya, kegiatan ini penting untuk melestarikan permainan tradisional seperti layang-layang. Mudah-mudahan dengan event seperti ini dapat melestarikan permainan tradisional di Dumai serta mengenalkannya kepada generasi penerus agar dapat dilestarikan hingga turun temurun.


R24/dev/dik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru