riau24 BPJS Ketenagakerjaan dan Kejari Dumai Tandatangani MoU | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dumai

BPJS Ketenagakerjaan dan Kejari Dumai Tandatangani MoU

0
Berita Riau -  BPJS Ketenagakerjaan dan Kejari Dumai Tandatangani MoU
Dumai, Riau24.com - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Dumai pada Kamis kemarin bertempat di gedung Media Centre, jalan Putri Tujuh Dumai.

Penandatanganan MoU atau kerjasama tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan hukum kepada BPJS Ketenagakerjaan dalam menghadapi beberapa persoalan, khususnya dalam hukum perdata dan tata usaha negara.

Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Kota Dumai Muhammad Riadh mlaporkan, sesuai amanat UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, PT Jamsostek (Persero) telah bertransformasi menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki program jaminan sosial tenaga kerja, yang meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan  Jaminan Pensiun (JP).

Ada pun MoU BPJS Ketenagakerjaan dan Kejaksaan Negeri Dumai dilakukan untuk memberikan bantuan hukum kepada BPJS Ketenagakerjaan dalam menghadapi beberapa persoalan, khususnya dalam hukum perdata dan tata usaha negara.

“ Dengan adanya MoU antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai dan Kejari Dumai diharapkan  dapat meningkatkan kualitas sekaligus menjamin dan melindungi jaminan sosial yang diberikan kepada pekerja,” kata Riadh.

Sementara, Kepala Kejari Dumai Kamari SH menjelaskan, Kejaksaan bertindak atas nama Negara yang dapat memberikan pendapat hokum, pendampingan hokum maupun bantuan hokum kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Seperti diketahui, sebuah perusahaan dan pekerjanya jika tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat diberi saknsi sanksi perdata yakni tidak akan mendapatkan pelayanan publik tertentu. Sedangkan sanksi pidana dengan kurungan maksimal 8 tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.

Pada kesempatan itu, Walikota Dumai Drs Zulkifli AS MSi menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada BPJS Ketenagaerjaan dan Kejari Dumai yang telah melakukan penandatanganan MoU tersebut.

Dengan demikian, apabila ada permasalahan terkait program yang sedang dijalankan, BPJS Ketenagakerjaan Dumai sudah dapat minta pendapat hokum dan pendampingan hokum dari Kejari Dumai.

“ Semoga pertemuan dan penandatanganan MoU ini bermanfaat bagi kita semua,” kata Zul AS, panggilan akrab Walikota Dumai.


R24/dev/dik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru