riau24 Ketersediaan Daging Sapi di Riau Masih Kurang, Didatangkan dari Provinsi Tetangga | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Ketersediaan Daging Sapi di Riau Masih Kurang, Didatangkan dari Provinsi Tetangga

0
Berita Riau -  Ketersediaan Daging Sapi di Riau Masih Kurang, Didatangkan dari Provinsi Tetangga
 
Pekanbaru, Riau24.com - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakkan (Distanak) Riau, Patrianov berujar untuk saat ini, ketersedian daging sesuai akan kebutuhannya, masih kurang bahan baku. Pasalnya kini untuk sapi atau kerbau, itu masih sangat sedikit. 
 
"Ketersedian daging, untuk jelang ramadhan atau selama ramadhan tahun ini diakui masih kurang dari ketersedianya daging sesuai akan kebutuhannya. Disebab, daripada bahan baku sapi atau pun kerbau itu masih sangat sedikit disaat ini. Maka perlu didatang dari provinsi tetangga," sebut Patrianov.
 
Dikatakannya, karena untuk bibit saja, kemampuan di Provinsi Riau sediakan bibit itu hanya sekitar 48 persen. Sisanya 52 persen, harus dipasok dari luar Provinsi Riau ini atau dari provinsi tetangga. Yang sementara pada konsumsi harian hampir 70 persen kebutuhan dari daging di provinsi tetangga.
 
Kendati didatangkan dari provinsi tetangga, kata Patrianov, namun
proses pemotongan berlangsung di rumah potong (rumtong) yang berada di Kota Pekanbaru, serta tempat lainya se wilayah Provinsi Riau. Pasalnya, ketersediaan dari bibit di Provinsi Riau belum dapat dijadikan konsumsi harian.
 
"Komsusi harian untuk daging itu di masyarakat se Provinsin Riau, ini paling tidak atau idealnya ada kurang lebih 300 ribu ekor. Tetapi untuk disaat sekarang ini tercatat 200 ekor. Jikalau hal ini terpenuhi, kemungkin besar dilakukan untuk produksi di Riau ada sebanyak 15 persen," ungkap Patrianov.
 
Dikesempatan itu Patrianov, juga menyebutkan, permintaan daging di Riau menjelang ramadhan dan lebaran juga meningkat tajam. Ini, pihaknya memastikan akan dapat memenuh kebutuhanya konsumsi masyarakat. Salah satunya upaya dengan mendatangkannya hewan itu dari provinsi tetangga. 
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru