riau24 Kementerian Siapkan Eksekutor Hukuman Kebiri Kimia | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Nasional

Kementerian Siapkan Eksekutor Hukuman Kebiri Kimia

1
Berita Riau -  Kementerian Siapkan Eksekutor Hukuman Kebiri Kimia

Jakarta, Riau24.com - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) menyangkut hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual sudah disetujui oleh Presiden RI. Untukmenindaklanjuti Perppu tersebut, tiga kementerian ditugaskan untuk menangani hal tersebut.

Adapun tiga kementrian tersebut adalah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Tiga kementerian ini selain menyiapkan materi hukuman juga menyiapkan pihak eksekutor hukuman kebiri kimia.

"Saya secara jujur belum tahu secara detail siapa yang akan mengeksekusi. Tapi yang jelas bukan saya," ujar Sekretaris Kabinet, Pramono Anung di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Peraturan pemerintah mengenai hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual tertuang dalam Perppu Nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan UU Nomor 23 tentang perlindungan terhadap anak.

Dalam Perppu itu diatur sejumlah sanksi bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak, diantaranya ancaman sanksi pemberatan seumur hidup, hukuman mati atau pelaku dihukum paling lama 10 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Pemerintah juga menerapkan sanksi tambahan berupa pengumuman identitas, pemasangan detektor elektronik dan sanksi kebiri kimia kepada pelaku.

Pemerintah berharap dengan diterapkan Perppu ini dapat mengurangi tindakan kejahatan seksual pada anak dibawah umur yang marak terjadi belakangan ini di Indonesia.

 

 

R24/dev

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 21 November 2017 18:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru