riau24 Grasi, Mata dan Telinga Penghubung KY dan KPK | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Grasi, Mata dan Telinga Penghubung KY dan KPK

0
Berita Riau -  Grasi, Mata dan Telinga Penghubung KY dan KPK

Pekanbaru, Riau24.com- Melihat laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama tahun 2016, Riau menjadi daerah rawan korupsi ke tiga se Indonesia setelah Aceh dan Banten. Terkait hal itu, komunitas masyarakat Riau membentuk sebuah jaringan pengawas peradilan bersih yang dinamakan Gerakan Riau Anti Korupsi (Grasi).

Grasi diharapkan dapat menjadi gerakan yang selalu aktif memantau peradilan di Riau dan Kepulauan Riau guna mencegah tindak pidana korupsi tak hanya di dunia peradilan tetapi juga berbagai bidang di Riau.

“Grasi akan menjadi mata dan telinga Penghubung Komisi Yudisial Riau, Komisi Yudisial Republik Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kepulauan Riau dan berbagai daerah di Riau tempat kawan-kawan Grasi berada,” ungkap Zainal Abidin, perwakilan dari Posko Perjuangan Rakyat Kepri, Kamis (26/5/2016).

Grasi merupakan gabungan dari akademisi, mahasiswa, lembaga syawada masyarakat dan berbagai organisasi mahasiswa dan masyarakat yang tersebar di Riau dan Kepri yang akan mendukung Penghubung Komisi Yudisial (KY) Riau dalam memantau peradilan yang berada di wilayahnya masing-masing.

Demi mewujudkan peradilan yang bersih ini, maka dilakukan deklarasi koalisi dari gabungan akademisi, mahasiswa dan lembaga swadaya masyarakat tersebut. Deklarasi Grasi akan menjadi titik awal harapan terwujudnya peradilan bersih anti korupsi di wilayah Riau-Kepri.

“Grasi ada di empat daerah yang tersebar di Riau dan Kepri, yaitu Batam, Tanjung Pinang, Inhil dan Rohil,” ujar Presidium Grasi, Suci Lestari usai acara pelatihan jejaring untuk peradilan bersih dan anti korupsi di Hotel Swiss Bellin, Pekanbaru.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru