riau24 Pengamat Sebut Wakil Gubernur Riau Kelak Harus Bersih Dari Masalah Hukum | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pengamat Sebut Wakil Gubernur Riau Kelak Harus Bersih Dari Masalah Hukum

1
Berita Riau -  Pengamat Sebut Wakil Gubernur Riau Kelak Harus Bersih Dari Masalah Hukum

Pekanbaru, Riau24.com- Aryadjuliandi Rachman telah sah dilantik menjadi Gubernur Riau defenitif dan hal ini membuat dirinya harus segera menunjuk siapa yang akan mendampingi dirinya menjadi wakil gubernur hingga tahun 2018 mendatang. Dalam peraturan perundang-undangan pun, waktu penunjukan wakil gubernur harus dilakukan dalam kurun waktu 14 hari setelah pelantikan gubernur defenitif.

Pengamat Hukum Tata Negara, Dr Mexsasai Indra mengungkapkan Arsyadjuliandi Rachman yang kerap disapa Andi Rachman ini harus memperhatikan seluruh kriteria kepemimpinan yang baik yang harus dimiliki calonnya kelak, dan kriteria terpenting adalah orang tersebut harus bersih dari semua sorotan permasalahan hukum.

“Yang terpenting dia harus bersih dari dugaan dan sangkaan masalah hukum. Lalu juga harus memiliki latar belakang yang baik sehingga layak menjadi seorang wakil gubernur. Terakhir, tentunya dia harus sejalan dan sepemikiran dengan Pak Andi supaya tidak ada potensi terjadinya disharmonisasi kepemimpinan sampai periodenya selesai,” ujar Mexsasai yang kerap disapa Mex ini, Kamis (26/5/2016).

Mex menyebutkan sebenarnya Riau tidak memiliki kekurangan tokoh masyarakat dan tokoh politik yang mampu dan layak untuk mendampingi Andi Rachman. "Kita melihat bahwa kita tidak kekurangan tokoh yang memiliki kualitas kepemimpinan yang baik untuk mendampingi Pak Andi sebagai Wakil Gubernur Riau hingga masa jabatannya berakhir dua tahun mendatang," imbuhnya.

Mex menyebutkan untuk pengisian jabatan wakil gubernur ini harus melalui mekanisme pengajuan dari partai pengusung, dan Golkar adalah satu-satunya partai pengusung pasangan Anas Maamun dan Andi Rachman pada Pilkada lalu.

“Pak Andi juga merupakan Ketua DPD Riau yang berwenang menunjuk siapa kandidatnya. Di DPD Golkar Riau pun masih banyak tokoh politik yang berkompeten untuk mendampingi Pak Andi. ini seperti Erizal Muluk, Ruspan Aman maupun Masnur. Di luar Golkar sendiri ada nama Ahmad Syah Harrofie dan Intsiawati Ayus yang sudah punya kredibilitas yang baik di masyarakat," tutupnya.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Pasa
Jumat, 27 Mei 2016 07:47 wib
jaminan tu yg ssh, dh pada hancur
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru