riau24 Melirik 'Bisnis Hitam' Mobil Bekas Tabrakan Maut | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Otomatif

Melirik 'Bisnis Hitam' Mobil Bekas Tabrakan Maut

1
Berita Riau -  Melirik 'Bisnis Hitam' Mobil Bekas Tabrakan Maut

Riau24.com – Mobil Bekas merupakan pilihan bagi masyarakat yang memiliki kantong pas-pasan. Namun, akhir-akhir ini banyak beredar mobil bekas yang sudah mengalami tabrakan maut lalu dibuat seperti mobil yang tak pernah cacat.

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di Jakarta Timur, salah satu penjual mobil bekas tabrakan sudah menjalankan pekerjaannya selama 18 tahun terakhir dan mendulang untung cukup besar.

"Ya kalau tidak begini kami tidak kerja," kata sumber yang tak mau disebut namanya itu di bengkel reparasi mobil di kawasan Jakarta, Kamis 26 Mei 2016.

Di bengkel itu ada beberapa mobil yang sudah terlihat seperti rongsokan, bekas tabrakan yang memang sudah parah sekali.

Mobil-mobil tersebut diperoleh dari beberapa kasus kecelakaan di sejumlah kota, tidak hanya Jakarta. Bahkan ada yang berpelat nomor Kalimantan, Sumatera, dan Bali. "Kami beli antara Rp55-65 juta per unit," katanya.

Selanjutnya, mobil-mobil yang masih sangat muda itu diperbaiki. Kerangkanya dibangun lagi, bodi-bodinya dipoles sedemikian rupa hingga tak terlihat seperti bekas kecelakaan. Sedangkan mesinnya, bila terlalu parah, dia akan bongkar dan perbaiki. Bila tidak, cukup diperbaiki atau dibiarkan apa adanya.

Soal suku cadang, dia mengaku mendapat dari pasar gelap. Barang-barang ini dikirim dari beberapa kota di Indonesia. Bila tidak, dia menggunakan barang-barang kanibal yang tak mungkin diperbaiki lagi. "Lalu kami rakit lagi," katanya.

Setelah disulap, mobil yang dibeli Rp50an juta itu dijual ke sejumlah wilayah di Indonesia. Harga mobil itu menjadi Rp10-15 juta di bawah harga pasar. Jadi misalnya, harga Daihatsu Terios tahun 2012 Rp125 juta, harga mobil rekondisi ini cuma Rp110-15 juta.

"Kami lebih suka melempar barang-barang ini ke luar Jawa," katanya. Alasannya, banyak pembeli pemula yang tak tahu mesin dan banyak pula pembeli yang tak sadar dengan sejarah mobil tersebut. (ase)


R24/afd/det 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 21 November 2017 18:20 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru